Momen Hari Raya Qurban, Dinkes Cilegon Imbau Masyarakat Tetap Jaga Pola Makan

6

CILEGON,- Medianews.co.id,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga pola makan sehat ditengah perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kondisi badan tetap sehat dan bugar dengan tanpa mengkonsumi makanan berlebih dan memasaknya secara benar.

“Hari raya Qurban ini adalah momen spesial bagi ummat Islam diseluruh dunia. Pada momen ini banyak tradisi yang dilakukan, termasuk penyembelihan hewan qurban dan berbagi dagingnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Saran kami, konsumsi daging-daging tersebut dengan porsi yang wajar agar keseimbangan kebutuhan protein kita tetap terjaga. Pilih daging yang rendah lemak dan hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan Dinkes Kota Cilegon Febri Naldo, Rabu 19 Juni 2024.

Menurut Febri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengolah dan memasak daging qurban. Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat menikmati hidangan Lebaran dengan tetap sehat dan bebas dari kolestrol.

Baca juga  TP PKK Kota Cilegon Beri Peningkatan Kapasitas untuk Pengurus Kecamatan dan Kelurahan

“Tips sehat selama Idul Adha diantaranya masak daging hingga matang sempurna, pilih area daging yang rendah lemak, banyak konsumsi buah dan sayur, serta membatasi makanan yang tinggi kolesterol,” tuturnya.

Selain itu, tambah Febri, masyarakat juga tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur.

“Perlu juga berhenti merokok, istirahat yang cukup dan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan,” tambahnya.

Dijelaskan Febri, Hari Raya Qurban merupakan momen yang berbahagia untuk ummat Islam.

“Untuk itu, mari kita maksimalkan kebahagiaan ini dengan tetap menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Jika ada keluhan, rasa pusing atau lainnya segera periksakan ke dokter, klinik atau Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) terdekat. Kita semua berdoa agar kita mendapatkan nilai nilai kebaikan dari peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah ini,” harapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini