Pelantikan 105 Anggota Panwaslu Kecamatan di Pandeglang untuk Pilkada 2024: Komitmen Integritas dan Profesionalisme

12

Pandeglang,- Medianews.co.id,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang telah melantik 105 anggota Panwaslu kecamatan untuk pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. Pelantikan ini berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu, 24-25 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Febri Setiadi, menjelaskan bahwa pelantikan tersebut adalah hasil dari proses seleksi yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu melalui evaluasi kinerja dan rekrutmen terbuka. “Evaluasi kinerja dilakukan terhadap anggota Panwaslu kecamatan yang bertugas pada pemilihan umum tahun 2024,” ujar Febri. Dari 105 anggota, terdapat 27 anggota Panwaslu yang dievaluasi berdasarkan kinerja mereka.

Bawaslu Kabupaten Pandeglang kemudian melaksanakan rekrutmen terbuka untuk mengisi 27 posisi Panwaslu kecamatan yang telah dievaluasi di 23 kecamatan. “Hari ini kita melantik Panwaslu terpilih berdasarkan hasil seleksi dua tahap yang dilakukan Bawaslu,” ungkap Febri saat acara pelantikan di Hotel Horison, Kota Serang.

Febri menegaskan bahwa 105 anggota Panwaslu kecamatan yang dilantik adalah individu-individu terbaik yang dipilih melalui proses seleksi yang adil dan transparan. Ia menekankan pentingnya menjaga integritas dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu. “Kami percaya terhadap keputusan kami memilih saudara-saudara sebagai pengawas pemilihan tingkat kecamatan. Oleh karenanya, jagalah kepercayaan ini dengan menjunjung tinggi integritas sebagai penyelenggara pemilu,” tutur Febri.

Baca juga  PENUHI HAK WARGA BINAAN, LAPAS KELAS IIA CILEGON GELAR SIDANG TPP

Ia juga memperingatkan bahwa Bawaslu Kabupaten Pandeglang akan menindak tegas anggota Panwaslu kecamatan yang melanggar disiplin, tidak menjaga netralitas, dan tidak bekerja secara profesional. “Kami akan bertindak tegas terhadap jajaran Panwascam yang melakukan tindakan indisipliner dan tidak menjaga netralitas serta profesionalisme dalam bekerja,” tegasnya dalam sambutannya.

Setelah prosesi pelantikan, Bawaslu Kabupaten Pandeglang mengadakan pembekalan bagi anggota Panwaslu kecamatan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab mereka sebagai pengawas pemilu. Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang cukup kepada anggota Panwaslu agar mereka dapat menjalankan tugas di lapangan dengan kompetensi yang memadai.

Febri berharap bahwa pelantikan dan pembekalan ini akan meningkatkan kapasitas anggota Panwaslu kecamatan dalam menjalankan tugas mereka. “Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan anggota Panwaslu kecamatan akan memiliki bekal yang cukup untuk turun ke lapangan dan menjalankan tugas mereka dengan kompetensi yang meningkat,” ujar Febri.

Pelantikan dan pembekalan ini diharapkan dapat mempersiapkan pengawasan yang lebih efektif menjelang pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, serta memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan lancar, adil, dan transparan. (Aldo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini