Pelatihan Tata Boga di Kelurahan Tamansari: Memperkaya Pengetahuan dan Keterampilan Kuliner Lokal

22

CILEGON,- Medianews.co.id,- Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon menyelenggarakan pelatihan Tata Boga di halaman kantor Kelurahan pada Selasa, 23 Mei 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai proses dan daya saing produk-produk lokal kuliner.

Dalam perkembangan bisnis kuliner yang pesat saat ini, semakin banyak orang yang mencari peluang di bidang ini. Salah satu tren yang sedang populer adalah usaha kuliner kue dan roti (Pastry and Bakery). Tren ini tercermin dari maraknya bisnis kuliner, mulai dari usaha rumahan, kaki lima, hingga cafe dan restoran kelas atas. Bisnis kuliner menawarkan peluang lapangan kerja bagi siapa saja, tanpa memandang latar belakang.

Hal tersebut mendorong sebagian masyarakat yang belum memiliki keterampilan di bidang kuliner dan tata boga untuk mulai belajar dan memperdalam pengetahuan serta pengalaman mereka di bidang ini. Oleh karena itu, pelatihan Tata Boga ini diadakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta dalam mengenal proses dan cara meningkatkan produk kuliner lokal, serta menciptakan inovasi dalam penataan dan tata letak penyajian hidangan.

Dalam sambutan singkatnya, Lutfi, lurah Tamansari, mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran para peserta pelatihan Tata Boga. Ia berharap agar para peserta dapat bersyukur karena terpilih untuk mengikuti pelatihan ini, sementara tidak semua warga Tamansari mendapat kesempatan serupa. Lutfi juga berharap agar ke depannya, warga lain juga dapat diikutsertakan dalam kegiatan serupa.

Selain itu, Lutfi juga meminta para peserta untuk menyebarkan ilmu Tata Boga yang mereka peroleh dari pelatihan ini kepada warga lain yang belum memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan serupa. Dengan demikian, pengetahuan dan keterampilan dalam Tata Boga dapat tersebar luas di masyarakat.

Baca juga  Diduga oknum sekwan DPRK berang dengan wartawan dan ini tanggapannya.

“Kami sangat berharap agar peserta nanti bisa menularkan ilmunya kepada anggota keluarga, tetangga dan warga lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Mutmainah Kasi Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat, Kelurahan Tamansari, menjelaskan bahwa tujuan utama dari pelatihan Tata Boga ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai proses dan cara meningkatkan produk-produk kuliner lokal. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menciptakan inovasi dalam penataan dan tata letak penyajian hidangan yang tepat.

Menurut Mutmainah, peserta pelatihan diharapkan dapat menguasai proses perencanaan, pengolahan, dan pengemasan makanan, serta strategi pemasaran yang efektif. Mereka juga diharapkan mampu menciptakan inovasi dalam penataan dan tata letak penyajian hidangan di atas meja.

“Peserta pelatihan diharapkan dapat menyajikan penataan tata letak peralatan makanan di atas meja secara mandiri, dengan cara yang inovatif dan kreatif dalam mengembangkan kreativitas mereka,” harapnya.

Selama pelatihan, para peserta dibimbing oleh para ahli dan praktisi di bidang Tata Boga. Mereka akan memperoleh pengetahuan mendalam tentang berbagai teknik pengolahan makanan, penggunaan bahan-bahan lokal yang berkualitas, serta cara mengatur dan menyajikan hidangan dengan estetika yang menarik.

“Pelatihan juga akan melibatkan sesi praktik langsung, di mana peserta dapat mengaplikasikan langsung pengetahuan yang mereka peroleh,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini