Pemkot Serang Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi APBD Kota Serang 

12

Serang,- Medianews.co.id,- Pemerintah Kota Serang gelar Rapat Koordinasi dan evaluasi realisasi APBD Kota Serang periode Maret 2023 yang dilaksanakan di aula Kantor BJB Kc Banten, Selasa (11/04).

Kegiatan Rapat koordinasi dan evaluasi realisasi APBD tersebut dilakukan Terkait dengan penyerapan anggaran yang terhitung dari bulan januari hingga maret, sudah mencapai kurang lebih sekitar 16 persen.

Seperti yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asda II) Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan target Pendapatan pada tahun 2023 mencapai sebesar 1,454,772,330,631.

“Adapun realisasi sampai dengan bulan maret tahun 2023, berdasarkan data yang diperoleh dari BPKAD melalui aplikasi (Simral) sebesar Rp. 224,210,698,528 atau sekitar 15,41 Persen” kata Yudi.

“Sedangkan berdasarkan laporan dari OPD sebesar Rp. 233,007,869,764. Atau sebesar 16,02 Persen” sambungnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin, penyerapan anggaran itu menjadi penting karna Pemerintah Kota Serang berharap, hal tersebut dapat menjadi pemicu dan memiliki dampak kepada pergerakan ekonomi daerah yang ada di kota serang.

Selain itu Nanang juga mengatakan hal ini berkaitan juga dengan menjelang perayaan hari raya idul fitri yang sudah dekat, Pemerintah Kota Serang turut menyiapkan beberapa hal penunjang terkait hari raya seperti akses jalur mudik yang melintasi Kota Serang, hingga Tunjangan Hari Raya (THR).

Baca juga  Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD atas Raperda tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

“tentu didalam menjelang hari Raya Idul Fitri ini Pemerintah Kota Serang menyiapkan beberapa hal yang harus dipersiapkan, semisal jalur-jalur pengamanan yang akan berkoordinasi dan berkolaborasi baik dengan kapolres kodim dinkes dan pmi” ujar Nanang.

“Kita akan memastikan agar pemudik yang melintasi jalur Kota Serang jalurnya itu aman dan nyaman utnuk dilewati” sambung Nanang.

Nanang juga menambahkan terkait arahan intruksi Pemerintah Pusat bahwa pencairan THR, dalam beberapa hari mendatang bisa segera dicairkan, dengan nominal yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat yaitu satu kali gaji dan 50 Persen dari TPP.

“Kita sudah menyiapkan sekitar 34 miliyar anggaran untuk thr tersebut dan juga saya pastikan kepada camat agar pencairan THR untuk pengurus masjid /marbot, pengurus jenazah dan sebagainya agar bisa dicairkan sebelum lebaran” tambah Nanang.

Nanang juga berharap agar anggaran yang sudah dikeluarkan untuk THR dapat dipergunakan untuk belanja di Kota Serang, bukan diluar Kota Serang agar perputaran Ekonomi terus berputar di Kota Serang.

“Kalau mau belanja diKota Serang aja agar perputarannya ada di kota serang, karena inflasi kita masih cukup tinggi ada sekitar 5,7 persen walaupun kita sudah turun dari 7,2 menjadi 5,7 persen” tutup Nanang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini