Pemprov Banten Dorong Pemkot Cilegon Raih Penghargaan Swasti Saba

14

Cilegon,- Medianews.co.id,- Wali Kota Cilegon Helldy Agustian beserta istri sebagai Ketua Penggerak Kota Cilegon Sehat Hany Seviatry didampingi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan Zoom Meeting dengan Pemprov Banten, di ruang rapat Asisten Daerah Kota Cilegon, Selasa, 25 Juli 2023.

Dalam rapat virtual tersebut, Helldy memaparkan presentasi strategi menuju kabupaten/kota sehat. Ini bagian dari proses verifikasi lanjutan Kota Cilegon Sehat tingkat nasional tahun 2023, dimana Cilegon akan mewakili Provinsi Banten dalam penilaian kabupaten/kota sehat tigkat nasional.

“Dapat saya sampaikan untuk mencapai kabupaten/kota sehat kami memiliki tujuan terciptanya lingkungan yang sehat, bersih, aman, nyaman, dan layak huni. Serta memiliki sasaran meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan individu, juga strategi meningkatkan pengelolaan kesehatan masyarakat dan individu menuju cakupan kesehatan semesta,” katanya.

Untuk mewujudkan kota sehat, Helldy mengaku akan mempercepat penanganan penyakit tuberkulosis (TBC) di Kota Cilegon. “Kalau kita melihat industri, memang TBC menjadi poin terpenting penanganan percepatan, ini kami juga sudah menyiapkan semua akses untuk penanganan ini,” ujarnya.

Di bidang layanan kesehatan masyarakat, Helldy bakal merealisasikan rumah sakit lima lantai di RSUD Cilegon pada tahun depan. “Jadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Cilegon dalam rangka menangani seluruh penyakit yang ada di Kota Cilegon, perlu diketahui bahwa kami sudah mem-planning akan diadakan di tahun depan, insya Allah terealisasi rumah sakit dengan lima lantai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menyampaikan bahwa kabupaten/kota sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, dan sekaligus meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan cara pemberdayaan.

Baca juga  Gelar Acara Syukuran, PT. YIP Santuni Puluhan Anak Yatim

“Dan tentunya untuk mewujudkan kabupaten kota yang sehat tersebut kita harus selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam supaya fungsi-fungsi dan potensi yang ada di Provinsi Banten berjalan maksimal,” ungkapnya.

Ati juga menyampaikan apresiasi penghargaan Kota Cilegon yang sudah diraih dalam bidang kesehatan. Hal ini ditandai dengan diraihnya penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat pada tahun 2022, serta Universal Health Coverage award tahun 2023.

“Kota Cilegon juga meraih penghargaan pada tahun 2023 dengan pembangunan pabrik pengolahan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat,” tuturnya.

Ati berharap Kota Cilegon yang mewakili provinsi Banten mendapatkan predikat Swasti Saba, yakni penghargaan yang diberikan setiap 2 tahun sekali oleh 0leh Kemendagri dan Kemenkes kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program kabupaten/kota sehat (KKS).

“Saya mewakili Provinsi Banten mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh tim verifikasi Kota Cilegon dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah Kota Cilegon yang telah terus berupaya memberikan dukungan dalam penyelenggaraan Cilegon Sehat,” kata Ati.

Sebagai perwakilan Provinsi Banten di tingkat nasional, Ati berharap kegiatan ini dapat meraih hasil yang memuaskan yakni mendapatkan predikat Swasti Saba. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here