Peresmian Kowamart Dan Santunan Anak Yatim

7

SERANG,- Medianews.co.id,- Koperasi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian di level warga. Kemudahan bertransaksi kebutuhan sehari-hari, membuat warga merasa gembira dengan hadirnya toko koperasi yang bisa mengakomodir sebagian besar kebutuhan pokok.

Warga Komplek Depag RT 01, Kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang, mewujudkan kemudahan bertransaksi dengan membentuk toko koperasi warga yang dinamai Kowamart. Dua tahun berjalan, toko Kowamart dibawah binaan Koperasi warga masjid (Kowama) YAMP Al-Muhajirin ini akhirnya diresmikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Senin (8/8).

Peresmian Kowamart dirangkaikan dengan santunan kepada puluhan anak yatim. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten yang diwakili oleh Kepala Kabid Kelembagaan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Arief Rachman, Lurah Cipocok Jaya Salimah, Ketua DKM Masjid Lukman Hidayat, Ketua Kowama YAMP Al-Muhajirin Nasrullah, pengurus koperasi, tokoh masyarakat dan anggota warga Komplek Depag RW 07.

Dalam sambutannya, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Arief Rachman, mengungkapkan bahwa dengan adanya Koperasi ini mudah-mudahan dapat mengakomodir barang-barang yang bisa dikonsumsi oleh publik. Ia menegaskan, koperasi bukan hanya memakmurkan anggotanya saja, tapi juga memakmurkan warganya.

“Kami berpesan sekaligus mengingatkan kepada pengurus dan anggota koperasi agar toko koperasi yang baru saja dilaunching ini tidak hanya semangat diawal. Diperlukan adanya komitmen, terlebih toko koperasi ini adalah berbasis warga,” ujarnya.

Ia mengatakan, apabila toko koperasi ini ingin bertahan lama, jangan sampai dihutangi oleh anggotanya. Sebab, adanya hutang akan membuat laporan keuangan tidak beres bahkan membawa kepada kebangkrutan.
“Kalau ingin bertahan, toko koperasi ini tidak boleh dihutangi. Karena sudah dipastikan akan bangkrut kalau muncul hutang,” ucapnya.

Arif menjelaskan bahwa toko koperasi berbasis warga, dibutuhkan komitmen berbelanja di Kowamart. Tanpa komitmen tersebut, kata dia, koperasi tidak akan bertahan, mengingat banyak persaingan toko retail yang mendominasi di setiap wilayah.
“Persaingan sangat ketat, kita lihat sendiri banyak toko-toko koperasi modern berdiri hampir setiap RT jumlahnya puluhan. Kalau tidak ada komitmen, belanja ke tempat lain, maka koperasi tidak akan maju,” tuturnya.

Baca juga  Peringati HUT MOI ke 3, DPC MOI Cilegon Adakan Kegiatan Bagi-bagi Masker dan Santuni Anak Yatim  

Ia pun mengimbau agar warga sekitar di lingkungan Komplek Depag ini turut menjadi anggota Kowama. Sehingga belanja diprioritaskan ke Kowamart, dan ketika sudah menjadi anggota, akan mendapatkan sisa hasil usaha (SHU).
“Kalau belum jadi anggota koperasi dan belanja ke toko Kowamart, tidak akan mendapatkan SHU meski belanjanya banyak,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kowama YAMP Al-Muhajirin, Nasrullah, mengatakan tujuan diresmikannya toko Kowamart ini adalah untuk menambah pelayanan terhadap anggota koperasi. Menurutnya, selama dua tahun memang sudah ada pelayanan transaksi kebutuhan anggota, namun dirasa belum maksimal.
“Belum maksimal karena belum ada tepat, ketika sudah dilaunching dan sudah ada tempat, insyaallah pelayanan akan lebih maksimal kepada anggota ataupun kepada masyarakat Komplek Depag dan sekitarnya,” katanya.

Ia yang juga merupakan penyuluh koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten ini berharap Kowamart bisa terus berkembang dan maju agar dapat terus memenuhi kebutuhan anggota dan instansi yang ada di lingkungan Komplek Depag baik instansi pendidikan maupun rumah makan.
“Di Komplek Depag ini kan ada beberapa sekolah dan kampus, ada juga rumah makan, sekiranya nanti Kowamart dapat memenuhi kebutuhan dari sekolah, kampus dan rumah
makan tersebut,” ujarnya.

Nasrullah berharap anggota dan seluruh anggota masyarakat baik di Komplek Depag dan sekitarnya bisa bergabung menjadi anggota Kowama. Apabila semua warga bergabung menjadi anggota koperasi, ia meyakini kemajuan koperasi akan terlihat.
“Agar koperasi ini terus maju dan berkembang. Karena keberhasilan koperasi ini sesungguhnya ada pada anggota, anggotanya banyak secara akan ada kontribusi dari anggota yang dapat memajukan Kowamart,” tandasnya.

( Anna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here