Peresmian Pembangunan RTLH dihadiri Walikota Serang Syafrudin 

11

Serang,- Medianews.co.id,- Walikota Serang Syafrudin hadir dalam peresmian pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Masyarakat kampung gadaraha Rt 011 Rw 04 Kelurahan Cipete, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (02/03).

Program bedah rumah atau pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tersebut dilakukan sebagai bentuk mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu, melalu program yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Serang.

Dalam kesempatannya, Walikota Serang Syafrudin sangat memberikan apresiasi kepada Baznas Kota Serang melalui program bedah rumah Rutilahu tersebut, tentu sangat membantu masyarakat yang memiliki tempat tinggal yang tidak layak untuk dihuni.

“Saya sangat memberikan apresiasi serta terimakasih kepada Baznas Kota Serang yang sudah mencanangkan program mensejahterakan Masyarakat, tentu ini bernilai positif dan dapat langsung di nikmati oleh Masyarakat tentunya.” Ucap Syafrudin saat memberikan sambutan.

Syafrudin juga menyampaikan bahwa program bedah rumah Rutilahu tersebut bukan hanya dilaksanakan di satu kecamatan saja akan tetapi menyeluruh kesetiap kecamatan di Kota Serang dengan bertahap.

“RLTH ini bukan hanya di kecamatan curug saja, tetapi di semua kegiatan juga terdapat program ini, hanya saja memang yang baru terealisasi yaitu 1 kecamatan” ungkap Syafrudin.

“Semoga apa yang disampaikan oleh ketua baznas yaitu adanya peningkatan di tahun 2023 ini mengenai realisasi program rtlh ini dapat mencapai 2 sampai 3 kecamatan.” Sambungnya.

Disamping program bedah rumah RTLH yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Serang, Pemerintah Kota Serang juga memiliki program terkait RTLH,

“Pemerintah kota serang juga ada program RLTH tapi untuk jumlahnya tahun 2023 ini saya belum tahu, karena setiap tahun itu berbeda jumlahnya.” Pungkas Syafrudin.

Menambahkan hal serupa, Kepala Baznas Kota Serang Nani Abdul Gani menuturkan program Baznas terkait bedah rumah RTLH yang saat ini sedang berjalan seluruhnya terdapat 6 rumah dalam kurun satu tahun ini,

Baca juga  Sebanyak 104 CPNS Dilantik Langsung Walikota Serang Syafrudin 

“Insyaa Allah di 2023 kita akan nambah satu kecamatan itu dua rumah diprogramkan. Ada satu. Kita arahkan ada peningkatan.” Ujar Nani

Adapun 6 rumah masyarakat yang menerima bantuan bedah rumah RTLH dari setiap Kecamatan di Kota Serang tersebut antara lain

A.N Zakaria, Kp. Odel Rt/Rw 001/001, Kel. Kasunyatan, Kec. Kasemen Kota Serang.

A.N Nuraeni, Kp. Sindangsari Rt/Rw 001/001, Kel. Kasunyatan, Kec. Kasemen Kota Serang.

A.N Marsiah, Kp. Gadaraha Rt/Rw 011/04 Kel. Cipete, Kec. Curug Kota Serang.

A.N Hawasi, Sempu Banten Girang Rt/Rw 002/017, Kel. Cipare, Kec. Serang Kota Serang.

A.N Sunarta, Kp. Sumur Putat, Rt/Rw 002/002 Kel. Cipocok Jaya, Kec. Cipocok Jaya Kota Serang.

A.N Puji Astuti, Kp. Cibadak Rt/Rw 010/003 Kel. Pager Agung, Kec. Walantaka Kota Serang

Adapun untuk besaran yang dikeluarkan untuk pembangunan bedah rumah RTLH saat ini berkisar 20 Juta, namun di tahun 2023 setiap rumah terdapat kenaikan menjadi 25 Juta untuk seluruh bangunan.

“Tahun sekarang ini 20 juta. Tapi untuk 2023 per rumah itu kisarannya sudah naik menjadi 25 juta per rumah. 25 itu untuk bangunannya semua.” Tambah Nani.

Nani juga menjelaskan, program bedah rumah RTLH ini juga diselenggarakan selain membantu menaejahterakan masyarakat, juga untuk memberikan informasi kepada penyalur zakat bahwa zakat yang dikeluarkan dan ditampung oleh Baznas Kota Serang digunakan untuk kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

“Ini dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat, disamping juga agar para Muzaki yang memberikan zakat tahu bahwa ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang seperti ini. Diantaranya ini adalah dari uang zakat.” Kata Nani.

Melalui program bedah rumah RTLH yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Serang, Pemerintah Kota Serang berharap agar beberapa tahun kedepan, masyarakat yang masih memiliki Rumah Tidak Layak Huni, dapat segera tersejahterakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini