Perkuat Layanan Dasar, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Resmikan 18 Sarana Prasarana Pendidikan di Kabupaten Tangerang

92

Serang,- Medianews.co.id,- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meresmikan 18 layanan dasar pendidikan tingkat SMA, SMK dan SKh di Kabupaten Tangerang, Rabu (31/1/2024). Peresmian dilakukan di SMKN 13, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, dalam rangka ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak tahun 2024.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan, agenda ini pada dasarnya untuk menjawab bagaimana menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul seperti yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi tentang Indonesia emas 2045.

“Kita memiliki bonus demografi dengan jumlah generasi muda yang cukup banyak. Ini harus kita persiapkan dengan peningkatan kapasitas, sehingga memberikan dampak positif bagi tata kehidupan kita, khususnya masyarakat di Kabupaten Tangerang, dan itu dimulai dari pendidikan,” kata Al Muktabar.

Apalagi, lanjut Al Muktabar, jumlah penduduk di Kabupaten Tangerang ini paling banyak dibandingkan dengan tujuh daerah lain di Provinsi Banten. Untuk itu, pemenuhan fasilitas sarpras utama dan penunjang, atau bahkan Unit Sekolah Baru (USB) itu menjadi hal yang sangat strategis dan penting.

 

“Dan inilah bagian dari tugas pemerintah itu, memberikan pelayanan. Kita bersama dan bahu membahu akan memudahkan peta jalan untuk mencapai tujuan itu,” ucapnya.

Menurut Al Muktabar, tata kerja birokrasi itu sejatinya melakukan pengaturan dan pelayanan kemasyarakatan yang terukur dengan asas panduannya pada akuntabilitas, efektivitas dan transparan.

“Pemprov Banten dengan segenap kewenangannya memformulasikan kebijakan dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawabannya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tabrani menambahkan, di Kabupaten Tangerang ini tercatat ada sekitar 26 sekolah, yang terdiri dari tingkat SMA Negeri Sebanyak 13 sekolah, SMK Negeri 12 dan 1 SKh.

Dari jumlah itu, ada lima yang merupakan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB), 2 SMKN 13 Kecamatan Curug, dan SMKN 14 di Kecamatan Cikupa. Lalu SMAN 30, 31 dan 32.

“Pembangunan lima USB itu adalah sekolah yang bertahun-tahun numpang di SD dan Madrasah,” katanya.

Selain itu, kata Tabrani, Pemprov juga melakukan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), laboratorium, ruang guru, perpustakaan, toilet, dan ruang-ruang lain untuk kelangsungan belajar yang lebih baik.

Baca juga  Dalam Rangka Cerdaskan Anak Bangsa Sanuji  Pentamarta Ajak Stakeholders Dukung MDTA

Seperti pembangunan sarana prasarana dan utilitas Sekolah SMKN 10 Kabupaten Tangerang. Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah SMKN 11 Kabupaten Tangerang. Pembangunan Ruang Kelas Baru, Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah dan Rehabilitasi Ruang Praktek Siswa di SMKN 12 Kabupaten Tangerang.

Selanjutnya pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Pembangunan RPS Tata Boga, Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah serta Pembangunan Ruang/Sudut Baca SMKN 7 Kabupaten Tangerang.

Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah SMKN 10 Kabupaten Tangerang. Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah SMKN 11 Kabupaten Tangerang.

Pembangunan Ruang Kelas Baru, Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah serta Rehabilitasi Ruang Praktek Siswa SMKN 12 Kabupaten Tangerang. Pembangunan sarana prasarana dan utilitas Sekolah serta Pembangunan Ruang/Sudut Baca SMKN 8 Kabupaten Tangerang.

Pembangunan RPS Asisten Keperawatan, Pembangunan Ruang Laboratorium Bahasa dan Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah SMKN 9 Kabupaten Tangerang. Pembangunan Ruang Kelas Baru, Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah serta Rehabilitasi Ruang Kelas SMKN 4 Kabupaten Tangerang.

Selanjutnya, pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah SMKN 6 Kabupaten Tangerang. Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah, serta Pembangunan Ruang/ Sudut Baca SMKN 3 Kabupaten Tangerang

Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah, Pembangunan Ruang/ Sudut Baca, Rehabilitasi Ruang Guru/Kepala Sekolah/TU dan Rehabilitasi Ruang Kelas SMK di SMKN 1 Kabupaten Tangerang.

Pembangunan RPS Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Pembangunan RPS Teknik Pemesinan, Pembangunan RPS Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Pembangunan RPS Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Pembangunan Ruang Laboratorium Bahasa, Pembangunan Laboratorium komputer, Pembangunan Ruang/Sudut Baca, Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Sekolah, Pembangunan Ruang Perpustakaan dan Pembangunan Ruang UKS di SMKN 2 Kabupaten Tangerang

“Pembangunan tersebut telah selesai dikerjakan. Sesuai arahan Pak Gubernur untuk bisa langsung dimanfaatkan, sambil terus kita lengkapi peralatan penunjang lainnya di tahun ini,” ucapnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini