PT. Indah Kiat Pulp and Paper Berikan Program Beasiswa Untuk Mahasiswa

27

Serang,- Medianews.co.id,- Puluhan anak Kabupaten Serang berhasil mendapatkan beasiswa dari PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Serang Mill.

Pogram beasiswa dilakukan dengan menggandeng beberapa kampus seperti Untirta, UIN, Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta dan terbaru dengan Politeknik Industri Petrokimia Banten (PPIB).

Humas PT Indah Kiat Pulp And Paper Dani Kusumah mengatakan di perusahaannya ada program beasiswa. Ini sudah berjalan beberapa tahun dan akan berjalan.

“Kita sudah berjalan dengan Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) program D1 Vokasi kerjasama dengan BPSDMI Kementrian Perindustrian (Kemenperin)”, kata Dani Kusumah, di Serang, Banten.

Ia mengatakan peserta beasiswa dari karyawan perusahaan yang telah bekerja di PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Serang. Hanya saja pihaknya ingin meningkatkan asesmen-nya untuk program beasiswa D1, dimana biayanya ditanggung pemerintah dan Indah Kiat.

Program ini sudah berjalan di dua angkatan, angkatan pertama tahun ajaran 2021-2022 sebanyak 2 orang dari masyarakat umum sedangkan angkatan kedua tahun 2023 sebanyak 25 orang karyawan. Semua sudah berhasil diwisuda dan bekerja di Indah Kiat.

Kemudian, Dani menyebut yang sudah berjalan rutin lainnya adalah program beasiswa dengan dua kampus utama di Banten yakni Untirta dan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten selama tiga tahun dan tahun ini masuk tahun keempat.

“Ada sekitar 30 mahasiswa yang kita berikan beasiswa per tahunnya. 20 untuk Untirta, 10 untuk UIN,” ucap Dani, Selasa.

Ia mengatakan untuk menjalankan program tersebut setiap tahun ada tes yang dibuka Indah Kiat. Beasiswa diberikan dengan besaran Rp3 juta per mahasiswa.

Baca juga  Andika Hazrumy Apresiasi Program Beasiswa Pendidik PAUD di Kabupaten Serang

Dirinya bersyukur melalui program itu perusahaannya dapat membantu masyarakat dalam program pendidikan. Dalam memberikan program beasiswa yang jadi sasaran adalah mahasiswa dengan nilai IPK baik dan aktif berorganisasi, bukan hanya kutu buku tapi pintar sekaligus aktivis.

Dalam tahapan seleksi mahasiswa diminta membuat materi presentasi, pemaparan dan belajar agar bisa berkembang. Dirinya ingin mahasiswa tersebut ketika presentasi bisa menarik.

“Kalau dulu presentasi banyak nulis cerita kaya buat surat kabar, dibaca text letter ini perlu digali potensi supaya mereka bisa komunikasi karena nantinya mereka akan berhadapan dengan dunia kerja ini coba kita lakukan tes,” katanya.

Terakhir tahun ini, pihaknya mengadakan program beasiswa PIPB. Kemenperin membuka program vokasi D3 di PIPB dimana lulusannya dijamin langsung bekerja di perusahaan yang bekerjasama.

“Yang menarik peserta bukan hanya lokal Banten tapi se-Indonesia, kampusnya ada di Anyer,” ucapnya.

Dalam program petrokimia dibawah Kemenperin tersebut Indah Kiat mengambil kuota enam orang dengan jurusan mesin dan instrumen. Program tersebut terbuka bagi anak anak lulusan SMK teknik sekitar ring 1, seperti Kragilan, Lebak Wangi, Tanara, Tirtayasa, Pontang, Carenang, Binuang, Ciruas dan lainnya.

“Insyallah bulan ini sudah mulai sosialisasi ke sekolah-sekolah sekaligus dilakukan seleksi hingga dinyatakan lulus seleksi. Kuliah 100% gratis dari pemerintah bersama IKPP Serang akan bantu biaya penginapan dan uang saku selama pendidikan” pungkasnya.

(Ana/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini