Ratusan Daerah Siap Ikut Kegiatan AKKOPSI di Kota Cilegon

11

CILEGON,- Medianews.co.id,- Lebih dari 100 kabupaten kota sudah mendaftar untuk ikut hadir pada kegiatan City Sanitation Summit (CSS) yang digelar Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Kota Cilegon, 6-8 Mei 2024.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Cilegon Yunan Nurkholis mengatakan, pihaknya masih terus melakukan rekapitulasi terhadap daerah-daerah yang siap mengikuti kegiatan AKKOPSI di Kota Cilegon.

“Sampai sekarang sih sudah sekitar seratusan yang daftar melalui online. Selain itu ada juga yang daftar melalui LO (Liaison Officer). Mudah-mudahan sampai mendekati hari H banyak daerah yang berpartisipasi,” kata Yunan, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Senin 29 April 2024.

Rencananya, kata Yunan, acara CSS AKKOPSI akan dipusatkan di The Royale Krakatau Hotel Cilegon. Kegiatan akan diisi dengan diskusi panel, sharing session dan site visit (kunjungan lokasi) ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung.

“Isu utama dalam kegiatan ini memang masih membahas isu sanitasi. Akan tetapi dalam sharing session, kami dari Pemkot Cilegon akan berbagi pengalaman mengenai masalah konversi sampah menjadi energi. Itu akan jadi diskusi yang menarik buat daerah lain,” jelas Yunan.

Baca juga  Perkuat Barisan, MUI Kota Palembang Gelar Rapat Pra Rakerda 2022

Dikatakan Yunan, dari sisi persiapan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan rapat-rapat, koordinasi dengan Sekretariat Nasional (Seknas) AKKOPSI, memastikan para narasumber, serta berkoordinasi dengan Dirjen Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Insya Allah acara akan dibuka oleh Pj Gubernur Banten. Kita doakan semoga semuanya berjalan lancar sesuai harapan kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa kegiatan AKKOPSI masih dalam suasana perayaan HUT Kota Cilegon ke-25. “Oleh karenanya kami akan membawa seluruh tamu undangan perwakilan daerah-daerah yang hadir ke Cilegon Expo 2024 supaya lebih ramai, ” jelasnya.

Helldy berharap rangkaian HUT Kota Cilegon dan juga kegiatan AKKOPSI tidak hanya melibatkan Pemkot Cilegon tapi juga kalangan industri dan masyarakat.

“Ini adalah momentum untuk mempromosikan Kota Cilegon beserta semua potensi yang ada didalamnya. Kami memiliki harapan dengan keterlibatan industri dapat memberikan dampak besar untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat Kota Cilegon,” harapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini