Sosialisasi Capaian Pembangunan Dihujani Apresiasi, Wali Kota Helldy Dinilai Berhasil Memimpin Kota Cilegon 

21

CILEGON,- Medianews.co.id,- Sosialisasi Capaian Pembangunan yang di gelar di Lapangan Tegal Tong, Kecamatan Citangkil dihujani apresiasi masyarakat terhadap Wali Kota Cilegon Heldy Agustian, Kamis 5 Oktober 2023. Hal itu terjadi, karena Helldy dinilai berhasil memimpin Kota Cilegon dengan melakukan berbagai terobosan dan langkah pembangunan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Bahkan, pada sesi dialog bersama masyarakat, Helldy sangat menguasai dan memahami seluruh program pembangunan yang dilakukan dilingkungan Pemkot Cilegon.

Diketahui, selain 10 program prioritas yang sudah dan sedang direalisasikan sejak menjabat selama 2 tahun lebih, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian juga telah banyak mendorong program inovasi tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diantaranya adalah program mudik gratis, bantuan kursi roda, pembangunan 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP), pengadaan sarana air bersih, pembangunan pabrik pengelolaan sampah Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) dan sejumlah program lainnya. Bahkan, untuk program BBJP telah diadopsi oleh 63 lembaga negara dan pemerintah daerah lain di Indonesia, termasuk Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sementara 10 program prioritas yang masuk dalam janji kampanye pasangan Helldy-Sanuji diantaranya kenaikan honor RT/RW menjadi Rp 1 juta perbulan, 25.000 penyerapan tenaga kerja, 5.000 beasiswa full sarjana, 8 Puskesmas dengan fasilitas dan utilitas serta Sumber Daya Manusia (SDM) anda, Dana Lingkungan RW Rp 100 juta per tahun, Dana Stimulan Operasional DKM Rp 10 juta pertahun, 8 Fasilitas Hobi dan Komunitas, Penyediaan 43 Ruang Terbuka Publik, 50 persen kenaikan honor guru honorer dan 25 persen kenaikan tunjangan kinerja ASN. Atas langkah-langkah tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon selama kepemimpinan Wali Kota Helldy telah meraih 43 penghargaan tingkat provinsi dan Nasional.

“Saya kagum terhadap program Pak Wali (Helldy Agustian-red), diantaranya kenaikan honor ketua RT/RW dari Rp 500 ribu menjadi Rp 1 juta, ada juga dana untuk DKM dan program-program lain,” kata Warga Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil Inayah saat mengikuti Sosialisasi Capaian Pembangunan di Kecamatan Citangkil sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 5 Oktober 2023.

Senada disampaikan warga lainnya warga Citangkil yang berprofesi sebagai Guru Anak Usia Dini (Paud) Muanti Yasin Anggraeni yang menyampaikan terimakasih atas digelontorkannya program kenaikan honor guru di Kota Cilegon. “Kami mengucapkan terimakasih atas kenaikan honor guru yang sudah kami terima,” ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan Warga Warnasari 2, Kecamatan Citangkil Suyanto yang menilai bahwa program Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dibawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian sangat dirasakan masyarakat. “Dari 10 program prioritas, kami menyampaikan terimakasih, terutama untuk program pembangunan Rp 100 juta setiap RW. Atas program tersebut baru kali ini kami bisa membangun pos ronda dan jalan paving block,” katanya yang diamini ratusan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, pihaknya akan terus berusaha secara maksimal untuk melaksanakan program pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon. “Kami sudah memerintah di Kota Cilegon selama 2 tahun lebih (26 Februari 2021-red), sehingga kami sesungguhnya baru bisa melaksanakan anggaran pemerintahan (APBD-red) yang kami susun sekitar 1 tahun 9 bulan, karena pada tahun pertama kami melaksanakan anggaran yang disusun (Pemerintahan-red) sebelumnya. Periodisasi kami (Helldy-Sanuji-red) juga hanya terhitung 3 tahun lebih, karena masa jabatannya habis tahun 2024 berdasarkan Pilkada serentak, sehingga efektif kami hanya menyusun anggaran dalam 3 tahun dan ada 2 tahun anggaran yang tidak dapat diserap. Atas dasar itu, kami menyampaikan permohonan maaf jika janji-janji kampanye kami masih ada yang belum tuntas, namun dari 10 program prioritas itu sudah dilaksanakan dengan baik,” katanya.
Dalam hal ini, Helldy berharap masyarakat dan pemerintah terus mempererat kolaborasi dalam membangun Kota Cilegon. “Kami berharap, kerjasama masyarakat dan pemerintah bisa lebih erat. Kami tidak akan bisa bekerja sendirian. Semua pihak harus terlibat dalam pembangunan,” harap Helldy seraya meminta doa kepada masyarakat agar terus diberikan kesehatan dan dapat menjadi pemimpin yang jujur. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini