Tingkatkan Ekonomi Kreatif, Disporapar Dukung Pameran Cilegon Derbe Bonsai 

6

CILEGON,- Medianews.co.id,- Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Cilegon mendukung kegiatan Cilegon Derbe Bonsai yang digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) di Halaman Ramayana Mall Cilegon, Jumat 29 September 2023.

Cilegon Derbe Bonsai merupakan ajang pameran bonsai yang diikuti para petani bonsai se-Kota Cilegon. Pameran bertema ‘Bonsai Kumpul,  Dulur Ngumpul’ itu digelar selama tiga hari, mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023.
Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disporapar Kota Cilegon Nelly Evalinda mengatakan, pohon bonsai merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif di sektor kriya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat Kota Cilegon.
“Diwajibkan juga bagi kita untuk mensupport PPBI, kita bantu promosikan juga. Karena bonsai ini merupakan salah satu binaan dibidang ekonomi kreatif,” kata Nelly, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.
Ia menambahkan, kedepan akan melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait seperti hotel maupun di kantor Pemerintah Kota Cilegon agar dapat ditanami pohon bonsai.
“Tentu kan cakep ya kalau ada pohon bonsai di depan kantor. Bisa membuat indah dilihat dan juga penghijauan lingkungan,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua PPBI Cilegon Agi Erlangga menyampaikan, peserta pada pameran kali ini berasal dari Kota Cilegon. Selain pameran, pihaknya juga mengadakan edukasi kepada masyarakat.
“Kalau peserta mungkin ada 55 dari Cilegon. Harapannya kita bisa memajukan UMKM-nya juga, contohnya di sini kan ada pengrajin pot, pembuat pilar, budidaya,” ucapnya.
Dijelaskannya, untuk pasar pohon bonsai di Kota Cilegon cukup berpotensi. Adapun untuk harga jual bonsai yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari sekiranya ratusan hingga jutaan rupiah.
“Untuk bursa dari Rp50 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Tapi kalau display ini bisa mungkin ratusan juga,” ungkapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini