Upaya Bersama Mengatasi Banjir di Cibeber: Jum’at Bersih Bersama Pemerintah, TNI, Polri, dan Masyarakat

10

CILEGON,- Medianews.co.id,- Dalam menghadapi potensi banjir selama musim penghujan, Pemerintah Kecamatan Cibeber, bekerjasama dengan Koramil 2301, Polsek Cibeber, Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, pegawai kelurahan, dan masyarakat, menggelar Jum’at Bersih dengan fokus membersihkan Sungai Ciberko di sekitar Kantor Polsek Cibeber pada Jum’at (12/01/2024).

Inisiatif Kegiatan Jum’at Bersih oleh Pemerintah Kecamatan Cibeber ini menunjukkan kolaborasi yang solid antara Korps TNI dan Polri di satuan Koramil 2301 dan Polsek Cibeber, bekerja sama dengan pemerintah daerah serta masyarakat sekitar. Mereka bergotong-royong membersihkan saluran Sungai Ciberko, yang menjadi sumber potensial banjir di Kecamatan Cibeber.

Camat Cibeber, Sofan Maksudi, menyampaikan, “Ini merupakan langkah preventif kita untuk mengantisipasi potensi banjir di area rawan di Kecamatan Cibeber. Alhamdulillah, Danramil 2301 dan Kapolsek Cibeber turut serta dengan semangat, bersama personel mereka, bergotong-royong bersama pegawai kelurahan dan masyarakat.” Jum’at (12/01/2024).

Lebih lanjut, Sofan menjelaskan bahwa koordinasi telah dilakukan dengan DLH Kota Cilegon untuk mengangkut sampah dan tanaman rambat yang telah dibersihkan dari saluran. Hal ini penting karena dapat menyumbat aliran air, menjadi salah satu penyebab banjir.

Baca juga  Stafsus Presiden Angkie Yudistia Sebut Polri Utamakan Nilai Inklusifitas dalam Rekrutmen

Sofan juga menyoroti kebutuhan normalisasi sungai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cilegon untuk lebih efektif mencegah banjir di titik rawan tersebut. “Ada pendangkalan karena faktor alam berupa sedimentasi lumpur yang tebal, sehingga perlu normalisasi sungai. Kita akan berkoordinasi dengan Dinas PU untuk mengangkat sedimentasi tersebut menggunakan alat berat,” jelasnya.

Selain itu, Sofan mengajak masyarakat Kecamatan Cibeber untuk bersama-sama berpartisipasi dalam upaya pencegahan banjir. Dia mengingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan dan mengajak warga untuk bergotong-royong membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing.

“Untuk mengantisipasi potensi banjir selama musim penghujan ini, saya sebagai Camat Cibeber mengajak seluruh masyarakat, dengan menghimbau kepada Lurah-lurah dan Pengurus RT/RW di wilayah Cibeber, untuk bersama-sama membersihkan saluran air atau drainase di lingkungan masing-masing. Dan yang paling penting, tolong jangan buang sampah sembarangan,” tandasnya dengan harapan partisipasi aktif dari seluruh warga dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Kecamatan Cibeber dapat mengurangi risiko banjir dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan bersih bagi seluruh masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini