Upaya PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang untuk Mengatasi Kekeringan dan Memohon Hujan

30

Serang,- Medianews.co.id,- Dalam menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan pada tahun ini, PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Serang telah mengambil langkah berarti dengan mengadakan Salat Istisqa. Pada Jumat, 15 September 2023, puluhan karyawan yang mewakili berbagai bagian perusahaan, perwakilan manajemen, dan anggota serikat pekerja berkumpul di lapangan masjid Jami’ul Qowi PT. IKPP Serang untuk melaksanakan Salat Istisqa.

Salat Istisqa sendiri merupakan bentuk doa bermunajat kepada Yang Maha Kuasa, dimaksudkan untuk memohon turunnya hujan. Dalam perspektif ulama Fiqh, Salat Istisqa dikategorikan sebagai salat sunnah Muakkad, yang berarti salat sunnah yang sangat dianjurkan hingga mendekati wajib.

Dani Kusumah, Humas PT. IKPP Serang, menjelaskan bahwa Salat Istisqa ini diadakan setelah wilayah Banten, khususnya Kabupaten Serang, mengalami bencana kekeringan selama lebih dari satu bulan.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif bersama antara manajemen, serikat pekerja, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), karena meluasnya bencana kekeringan menjadi sumber kekhawatiran,” ungkapnya.

Selain berdoa memohon turunnya hujan kepada Yang Maha Kuasa, PT. IKPP Serang juga mengambil tindakan nyata dengan menyediakan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak oleh bencana kekeringan.

Baca juga  Kapolda Banten Lakukan Kunjungan ke Beberapa Sekolah di Wilayah Pandeglang dan Serang.

Sejak awal Agustus 2023, PT. IKPP Serang telah menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten dan PMI Kabupaten Serang untuk mendistribusikan puluhan tangki air bersih. Setiap harinya, 2 hingga 8 tangki air disalurkan ke wilayah-wilayah yang terdampak oleh kekeringan, termasuk di antaranya kecamatan Pontang, Tirtayasa, Tanara, Carenang, dan Lebak Wangi.

Dengan adanya pasokan air bersih ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah melewati masa sulit akibat kekeringan ini hingga tiba saatnya hujan turun.

“Kami akan terus berupaya sekuat tenaga untuk mendukung masyarakat dalam menghadapi bencana ini, dan kami berharap Allah SWT akan segera mengabulkan doa kami dengan turunnya hujan,” demikian diungkapkan Dani Kusumah dengan harapan yang tulus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini