2.650 Kader Cilegon Mandiri Didaftarkan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

12

CILEGON,- Medianews.co.id,- Mulai Januari 2024, Pemkot Cilegon mendaftarkan sebanyak 2.650 Kader Cilegon Mandiri (KCM) dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu sebagai bentuk perhatian dan ucapaan Pemkot Cileogn atas dedikasi dan pengabdian para kader.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cileogn Helldy Agustian saat Jambore Kader Cilegon Mandiri yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KP2KB), di Alun-alun Kota Cilegon, Senin 18 Desember 2023.
Hadir dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin, para pejabat eselon II, para camat, lurah, serta ribuan kader se-Kota Cilegon.
Menurut Helldy, ada banyak manfaat yang diterima para kader setelah terdaftar dalam asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Antara lain apabila meninggal dunia mendapatkan bantuan sebesar Rp42 juta plus dua orang anaknya dibiayai beasiswa mulai dari TK sampai sarjana senilai Rp175 juta, serta bila terjadi kecelakaan ditanggung biaya pengobatannya hingga sembuh.
“Kami Pemerintah Kota Cilegon mengapresiasi keikhlasan ibu-ibu kader karena tidak semua orang bisa ikhlas bekerja. Saya yakin ibu-ibu kader dalam bekerja penuh dengan keikhlasan sehingga enggak peduli baju (seragam), besaran honor. Mudah-mudahan keikhlasan ibu-ibu menolong anak orang, anak sendiri juga insya Allah sukses,” kata Helldy, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.
Sejak dilantik dua tahun lalu, kata Helldy, pihaknya terus berupaya agar fasilitas yang dibutuhkan para kader di lapangan terpenuhi. Antara lain dengan mengarahkan program Sarana dan Prasarana Lingkungan (Salira) per RW Rp100 juta utnuk membangun Posyandu yang layak dan bersih.
“Strategi kami bagaimana memanusiakan manusia. Kami melihat para kader ini banyak jasanya sehingga sejak awal kami berikan kenaikan honor dan dibayar setiap bulan dari sebelumnya per tiga bulan, kemudian sekarang baju seragamnya Alhamdulillah sudah baru,” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Helldy mengapresiasi sejumlah prestasi kader-kader Kota Cilegon sepanjang tahun 2023. Antar alain pencapaian KB aktif lebih dari 117,44 persen, KB aktif metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) 92,69 persen, juara I lomba lini lapangan kategori Instituasi Masyarakat Pedesaan (IMP) 2023.
Selain itu, juara I KB lestari Provinsi Banten, juara I bina remaja tingkat Provinsi Banten, terbaik III kader inspiratif 2023, serta juara harapan I tingkat nasional lomba lini lapangan KB lestari.
“Ini sederet prestasi luar biasa. Kami ucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Insya Allah besok (Selasa 19 Desember 2023), alhamdulillah Kota Cilegon juga dapat penghargaan Satya Lancana Parahita di Jakarta,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala DP3KP2KB Lia Nurlia Mahatma mengatakan bahwa kader merupakan mitra pemerintah yang aktif dan sangat berperan besar membantu meningkatkan kualitas masyarakat terutama untuk kaum wanita dan anak-anak.
“Kader adalah panjang tangan dari pemerintah yang ada di wilayah kelurahan-kelurahan, sekarang ada kader bina keluarga balita, kader stunting, mereka benar-benar bekerja terutama pendampingan stunting luarbiasa dengan dibentuknya dahsyat pengelolaannya,” kata Lia.
Ia menambahkan, ajang jambore juga menjadi ajang uji kreativitas, inovasi, merekatkan solidaritas serta mempererat tali silaturahmi antar sesama kader se-Kota Cilegon. “Pada prinsipnya kita memberikan sebuah fasilitas kepada para kader untuk sebagai tempat kreativitas,” tambahnya.
Lebih lanjut, ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, seluruh kader lebih aktif memaksimalkan kegiatan pembangunan di wilayah masing-masing dan menjalankan 10 Program yang telah dicanangkan.
“Kita evaluasi juga nih untuk para kader dari hasil dari pada yg kita lakukan penyuluhan pembinaan, pendampingan sejauh mana pemahaman kader terkait program yg sudah diluncurkan Pemkot Cilegon,” ucapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini