Bulog Serang Bersama Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kota Serang Sidak Stabilitas Pangan Dan Harga Pasokan

11

Serang,- Medianews.co.id,- Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Serang bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Serang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Stabilitas Pangan dan Harga Pasokan (SPHP) ke sejumlah mitra pedagang beras yang ada di kawasan Pasar induk Rau, Kota Serang, Banten.

Kepala Bulog Subdivre Serang Faris Sudirman mengatakan, program Sigap SPHP ini dalam rangka memastikan ketersediaan stok beras Bulog hadir di pasar-pasar tradisional serta menjaga stabilitas harga pangan dan pasokan harga.

“Ada 10 mitra pedagang beras yang sudah kerjasama dengan Bulog. Untuk satu mitra dua ton beras. Sampai saat ini bulog telah melakukan pemasokan sebanyak 200 ton pada bulan Agustus”, ungkap Faris.

Ia menyebut, Sigap SPHP ini juga berkaitan dengan terjadinya kenaikan harga beras premium dan medium yang sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.

“Kenaikan harga beras ini terjadi akibat dari beberapa faktor, diantaranya karena dampak EL-Nino sehingga pasokan beras kurang sedangkan permintaan banyak”tuturnya.

Adapun untuk menjaga kestabilan harga pasar HET beras medium Rp9.450 per kilogram. Stok beras Bulog saat ini aman dan cukup sekitar 3000 ton khusus Kota Serang, Cabang Lebak dan Tangerang serta DKI Jakarta.

Baca juga  Walikota Cilegon Hadiri Panen Raya Buah Melon Golden

“Mitra yang bekerja sama dengan Perum Bulog agar tidak menjual beras medium dan premium melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET),” tegasnya.

Faris menyebut terkait harga beras yang tinggi, Bulog akan menambah jaringan penjualan di setiap pasar tradisional yang ada di wilayah Kota Serang dan berlaku di seluruh Kantor Cabang serta akan menggelar Operasi Pasar (OP) beras guna menstabilkan harga beras dipasaran.

“Dalam waktu dekat kita akan gelar OP, tinggal berkordinasi dengan dinas terkait dan besok kita akan melakukan rapat koordinasi di seluruh Indonesia dengan Dinas-dinas terkait,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Kota Serang Siswati menambahkan, dengan adanya beras Bulog masuk ke kios pasar sangat membantu karena saat ini banyak petani yang gagal panen akibat kekeringan.

“Alhamdulillah dengan adanya beras Bulog di pasaran dan harga yang terjangkau masyarakat akan terbantu, karena saat ini harga beras naik,” tambahnya.

Siswati berharap stok beras Bulog cukup dan aman serta bisa tersuplai dengan baik sehingga mampu menstabilkan harga pangan.

(Ana/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini