Ciptakan Pengusaha Muda, Program Inkubasi Wirausaha Cilegon Diserbu Peminat

9
CILEGON,- Medianews.co.id,- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKP) Kota Cilegon telah menerima lebih dari 90 pendaftar yang akan ikut seleksi masuk Program Inkubasi Wirausaha Muda, Kamis 18 April 2024.
Meski jumlah peminatnya sudah sangat tinggi, namun pendaftaran kegiatan yang menjadi bagian dari implementasi program Kartu Cilegon Sejahtera (KCS) tersebut masih akan dibuka hingga 22 April 2024 mendatang. “Sampai hari ini (Kamis-red) sudah lebih dari 90 orang yang mendaftar. Para peserta tersebut akan diseleksi, karena kuota yang tersedia hanya untuk 60 orang. Setiap orang dianggarkan Rp 5 juta untuk mengikuti program inkubasi wirausaha ini,” kata Kepala Dinkop-UKM Kota Cilegon Didin S Maulana sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 18 April 2024.
Dijelaskan Didin, pendaftaran program Inkubasi Wirausaha Muda itu akan dibuka hingga 22 April mendatang. “Kami hanya akan mencari calon wirausaha muda, terutama mereka yang baru memulai usaha, maksimal baru 1 tahun usaha (start up). Karena itu, usia maksimal yang bisa mendaftar adalah 30 tahun. Ini sebagai bagian dari langkah untuk mengurangi angka pengangguran dan implementasi Program KCS,” jelasnya.
Melalui Program Inkubasi wirausaha tersebut, tambah Didin, para calon pengusaha muda akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan secara bertahap. “Nanti para pengusaha muda ini akan mengikuti pelatihan selama 3 hari untuk mendapatkan berbagai pengalaman dan edukasi mulai dari motivasi usaha, manajemen keuangan, tekhnis produksi, rencana bisnis, manajemen pemasaran dan digital marketing hingga fasilitasi proses perizinan usaha,” tambahnya.
Setelah mendapatkan pelatihan, Didin menuturkan bahwa para pengusaha muda tersebut akan dilakukan pendampingan hingga maksimal 3 tahun. “Mereka (Pengusaha-red) akan diikutsertakan dalam bisnis matching dan akan difasilitasi untuk mendapatkan berbagai ijin/sertifikasi usaha yang dibutuhkan, termasuk mendapatkan fasilitas pinjaman modal,” tuturnya.
Dalam hal ini, Didin berharap agar program Inkubasi Wirausaha Muda tersebut dapat menciptakan para pengusaha-pengusaha muda di Kota Cilegon. “Kami berharap lagi, para pengusaha muda ini dapat turut membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat Kota Cilegon,” harapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini