Dengar Nasihat dan Sosialisasikan Pembangunan, Camat Ciwandan Gelar Ngabar Keliling Pesantren

8
CILEGON,- Medianews.co.id,-  Camat Ciwandan Agus Ariadi bersama jajarannya menggelar acara Ngabuburit Bareng (Ngabar) ke pesantren-pesantren yang digelar rutin setiap hari selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Hal itu dilakukan, selain sebagai sarana silaturrahmi juga sebagai upaya untuk mendengarkan nasihat dari para ulama sekaligus melakukan sosialisasi program pembangunan yang telah dilakukan pemerintah kepada para santri.
“Setiap hari Ba’da Zuhur hingga Ashar kami keliling pesantren untuk bersilaturrahmi, mendengarkan nasihat para ulama sekaligus mensosialisasikan program pemerintah kepada para santri. Momen ini kami namakan dengan Ngabar (Ngabuburit Bareng). Ada 17 Ponpes (pondok Pesantren) di wilayah Ciwandan yang sudah kami kunjungi dimulai dari awal Ramadhan,” kata Camat Ciwandan Agus Ariadi sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 28 Maret 2024.
Selain menyampaikan informasi terkait perkembangan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Agus mengaku, pihaknya juga membagikan bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan pesantren, seperti buku, lemari, meja kecil dan lain-lain. “Informasi pembangunan kami lakukan supaya para ulama dan santri-santrinya tahu apa saja program pemerintah yang berkaitan dengan kepentingan kesejahteraan masyarakat, termasuk bantuan e-hibah dan program keagamaan lainnya yang dilakukan atas kebijakan Pak Wali Kota (Helldy Agustian-red),” akunya.
Menurut Agus, program Ngabar tersebut juga menjadi sarana untuk mengetahui perkembangan Ponpes di wilayah Ciwandan, sehingga dalam tataran kebijakan di tingkat bawah bisa difasilitasi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. “Contohnya, akses jalan menuju Ponpes itu ada beberapa yang harus dibangunkan lewat program Salira per RW (Rukun Warga) sebesar Rp 100jt. Tinggal komunikasi dengan Pokmas RT/RW setempat,” tuturnya.
Dalam hal ini, Agus berharap, program Safari Ramadhan tersebut diharapkan menjadi sarana untuk memperkuat silaturrahmi dan hubungan antara pemerintah dengan para ulama serta masyarakat. “Kami juga meminta doa para ulama dan santrinya agar diberi kelancaran dalam menjalankan amanah melayani masyarakat,” harapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini