Dindik Cilegon Akan Kembali Gencarkan Sosialisasi Program Beasiswa Full Sarjana

7

CILEGON,- Medianews.co.id,- Dinas Pendidikan (DINDIK) Kota Cilegon menggelar acara rapat persiapan sosialisasi Program Beasiswa full Sarjana dengan seluruh Kecamatan se-kota Cilegon di Aula Gedung Dinas Pendidikan Kota Cilegon. Kamis (21/04/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Dra. Hj. Heni Anita Susila, M.Pd mengatakan, Dindik berencana mensosialisasikan kembali program Beasiswa Full Sarjana setelah hari Raya Idul Fitri. Terdapat 2 Kriteria untuk peserta Sosialisasi yakni mereka yang telah melaksanakan ujian tingkat menengah atas, serta mereka yang telah lulus sekolah di tahun ajaran 2020 dan 2021.

“Jadi ada 2 Kriteria yang bisa ikut sosilaisasi, mereka yang telah lulus ujian kelas 3 SMA tahun ini atau yang 2 tahun kebelakang sudah lulus tetapi belum kuliah tapi ada niat untuk Kuliah, jadi 2 kriteria itu yang bisa ikut sosialisasi” Ucap heni Anita Susila.

Ia juga menambahkan, nanti ada 100 peserta yang akan menjadi perwakilan dari masing-masing Kecamatan di kota Cilegon, untuk itu Dindik Cilegon meminta bantuan pihak Kecamatan agar bisa mengkoordinir para peserta dan yang di utamakan adalah mereka dari Keluarga yang tidak mampu serta mereka yang berprestasi.

“Kami meminta bantuan kepada pak Camat agar 100 peserta ini di koordinir, mendaftar disetiap Kecamatan dan dipilih anak-anak yang telah selesai ujian tahun ini, jadi yang sudah lulus SMA yang bisa ikut sosialisasi, jadi ini hanya sosialisasi kepada calon penerima beasiswa , bukan terdaftar untuk penerima beasiswa, tapi terdaftar sebagai peserta Sosialisasi” tambahnya.

Heni juga menjelaskan, akan berlangsung selama 8 Hari yang akan di laksanakan disalah satu hotel di kota Cilegon, 1 hari masing-masing 1 Kecamatan dengan 100 peserta.

“Jadi nanti solsialisasnya selama 8 hari, ada 800 peserta dari semua Kecamatan, 1 hari 100 peserta, jadi nanti kami minta data nya dari Kecamatan” jelasnya.

Baca juga  Dewan Rahmatullah Sambangi Kediaman Anak Yang Enggan Bersekolah

Sementara ini sudah terdapat 15 Universitas di Banten yang telah melakukan kerjasama dengan Dindik Cilegon untuk program Beasiswa full sarjana, dan di tahun 2022 ini jatah penerima Beasiswa full sarjana sebanyak 1.477 dengan bantuan maksimal senilai Rp.3 juta Rupiah persemester.

“Ini gelombang yang kedua, yang pertama kan kemarin (tahun 2021,Red) harus nya seribu, karena kan di akhir anggaran hanya terjaring 523, jadi kita gabungkan dengan yang tahun ini 1.477, jadi total nya 2.000, dan mendaftar nya melalui 15 Universitas yang telah bekejasama dengan kami, yang sudah menjadi mahasiswa, ” ungkapnya.

Selain itu mahasiswa yang berkuliah di Universitas yang ada di luar Banten, dikatakan Heni, bisa menjadi penerima beasiswa Full sarjana ini, namun dengan mendaftar secara mandiri (Perorangan) melalui Aplikasi.

“Kan ada 2 mekanisme, ada mekanisme memalui Universitas yang sudah bekerjasama dengan kami, ada 15 Universitas, itu daftar nya di kampus masing masing, yang kedua daftar secara perorangan melalui Aplikasi tidak melaui kampus, seperti yang kuliah di Unpad, Brawijaya atau yang lainnya, khusus untuk semester 1 sampai 8,” pungkasnya.

Berikut Nama-Nama 15 Universitas yang telah bekerjasama dalam Program Beasiswa Full Sarjana Kota Cilegon:

1. Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa.
2. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
3. Universitas Al-khairiyah.
4. STTIKOM Insan Unggul.
5. Universitas Banten Jaya
6. Universitas Serang Jaya
7. Universitas Bina Bangsa
8. Universitas Mathlahul Anwar.
9. Universitas Primagraha
10. Universitas Bhakti Kencana.
11. Universitas Faletehan.
12. STIA Banten
13. Politeknik PGRI Banten.
14. Politeknik Krakatau.
15. Politeknik Kesehatan Aisyiyah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here