Dinkes Kota Cilegon Bagikan Tips Aman dan Sehat Saat Mudik

10

CILEGON,- Medianews.co.id,- Menjelang Lebaran, jutaan orang akan melakukan perjalanan mudik untuk merayakan hari raya di kampung halaman.

Nah, agar momentum hari raya tidak berubah menjadi petaka, perhatikan tips aman dan sehat saat mudik yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari.
Menurutnya, orang yang hendak menempuh perjalanan jauh, apalagi dalam kondisi macet, maka harus cukup istirahat baik sebelum perjalanan maupun saat di jalan.
“Bila lelah di jalan atau mengalami ngantuk, maka harus tidur. Jangan dipaksa menempuh perjalanan. Itu justru membahayakan bukan hanya bagi pengendara, tapi juga keluarga yang ikut bersama Anda,” kata Ratih.
Meski tengah menempuh perjalanan jauh, tambah Ratih, banyak di antara pemudik yang tetap berpuasa. Dia menyarankan bila pemudik tetap puasa, maka harus sahur dengan makanan yang benar. Pastikan makanan yang mengandung serat yang cukup seperti buah-buahan dan sayuran, serta perbanyak minum air putih.
“Jangan sahur dengan minum kopi doang, khawatir di tengah jalan malah lelah. Makanya sering kita menangani pemudik yang pingsan karena memang kurang persiapan,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Cilegon Febri Naldo mengatakan, pada Mudik Lebaran 2024, pihaknya menyiapkan enam posko kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran di Kota Cilegon.
“Posko kesehatan kami ada di Pelabuhan Merak, pertigaan Gerem, Tugu Landmark Simpang Tiga, depan PCI (Pondok Cileogn Indah), depan Kompleks Bumi Rakata Asri Jalan Lingkar Selatan, serta di pertigaan Ciwandan. Kami buka poskonya mulai tanggal 4-16 Apil 2024,” kata Febri.
Dijelaskan Febri, setiap posko kesehatan akan disiagakan satu orang dokter, dua perawat dan satu unit ambulance berikut dengan sopirnya.
“Para petugas akan kami bagi tiga shift dalam sehari, sehingga posko kesehatan akan melayani pemudik selama 24 jam. Untuk Puskesmas (Pusat Pelayanan Kesehatan) tetap akan melayani masyarakat sesuai jam kerja,” jelasnya.
Febri juga mengimbau kepada para pemudik untuk selalu menjaga stamina dan kesehatan, di antaranya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
“Kalau capek bisa istirahat di posko yang tersedia. Kalau ada yang sakit jangan sungkan untuk segera berobat ke posko kesehatan,” imbaunya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini