Wali Kota Cilegon dan Para Pejabat Pusat Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak

7

CILEGON,- Medianews.co.id,- Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, bersama sejumlah pejabat tinggi dari pusat, termasuk Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, serta PJ Gubernur Banten Al Muktabar, melakukan peninjauan kesiapan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H di Pelabuhan Merak, Senin, 1 April 2024. Kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan untuk memastikan infrastruktur dan pelayanan yang memadai, tetapi juga untuk menjamin keamanan para pemudik selama perjalanan mereka.

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa pemerintah telah mempersiapkan infrastruktur dan pelayanan di seluruh wilayah Indonesia untuk mendukung arus mudik Lebaran 2024. “Pemerintah menjamin keamanan para pemudik mulai dari keberangkatan sampai ke tempat tujuan, serta pada saat arus balik menuju tempat asalnya,” kata Hadi di Pelabuhan Merak.
Selain persiapan infrastruktur, pemerintah juga telah melakukan kerja sama antarlembaga untuk menyiapkan pos keamanan dan pelayanan di sepanjang jalur mudik. Koordinasi telah dilakukan secara menyeluruh, termasuk perencanaan darurat jika terjadi kondisi yang tidak terduga.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo turut memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengatur waktu perjalanan guna menghindari puncak arus mudik di Pelabuhan Merak Banten. “Bisa manfaatkan waktu dan atur perjalanan untuk menghindari puncak arus mudik. Kegiatan yang biasanya dilakukan pada malam hari, dapat dipindahkan ke siang hari,” ujar Sigit.
Imbauan tersebut penting mengingat adanya lonjakan jumlah pemudik pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya, seiring dengan peningkatan 65 persen pemudik menurut data Kementerian Perhubungan.
Lebih lanjut, Sigit menekankan pentingnya bagi masyarakat untuk melaporkan ke pos pengamanan atau pelayanan terdekat jika merasa khawatir terhadap jalur-jalur mudik yang dianggap rawan kejahatan maupun kecelakaan. Personel kepolisian akan siap memberikan pengawalan kepada masyarakat saat melakukan perjalanan mudik di wilayah yang dianggap rawan, guna memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.
Kerjasama antarlembaga dan kesigapan para pejabat dari pusat dan daerah, termasuk Wali Kota Cilegon, dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, menunjukkan komitmen pemerintah untuk memastikan keamanan dan kelancaran perjalanan bagi para pemudik. Semua upaya ini dilakukan demi terciptanya suasana yang aman dan nyaman selama momen penting ini bagi umat Muslim Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini