Gelar Wisuda, Universitas Terbuka Serang Luluskan 1270 Mahasiswa

9

CILEGON,- Medianews.co.id,- Universitas Terbuka Serang melaksanakan acara Wisuda di Aula The Royale Krakatau hotel Kota Cilegon Banten, Selasa (22/03/2022).

Direktur Universitas Terbuka Serang DR. Maman Rumanta, M.Si mengatakan, adapun wisuda kali ini UT serang telah meluluskan sekitar 1270 lulusan mahasiswa, dan yang wisuda secara ofline sekitar 600 lebih dan mahasiswa yang hadir pada kesempatan ini, sisanya secara online.

“Kegiatan hari ini adalah Wisuda Daerah Universitas Terbuka (UT) Serang yang biasanya dilaksanakan di Pusat, tapi sekarang wisudanya sudah bisa di lakukan di daerah dan Ini merupakan format baru yang sudah berjalan 1 tahun, dan salah satunya di UT Serang yang sudah mengadakan Wisuda Daerah,” ungkapnya

Ia menambahkan, yang mengikuti wisuda ini terdiri dari semua jurusan seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains, Fakultas Teknologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Program Paska Sarjana.

“Untuk Paska Sarjana yang ikut wisuda saat ini sekitar 4 orang, sebenarnya ada sekitar 6 orang yang ikut wisuda, tapi yang hadir di wisuda secara ofline ini hanya 4 orang dan sisanya akan melakukan wisuda secara online,” tambahnya.

Menurutnya, kebanyakan mahasiswa UT serang berstatus sudah bekerja. Karena memang memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Banten bagi yang ingin meningkatkan kualifikasi mulai dari sekolah lanjutan tingkat atas, sampai ke program sarjana, program magister, dan doktor yang sudah ada di Universitas Terbuka.

Baca juga  Tinjau Sindangheula & Cibanten, Wagub Minta Penyempitan Sungai Jadi Concern Bersama

“Jadi bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kualifikasinya silakan mendaftar tidak perlu takut usia karena mahasiswa kita juga ada yang dewasa bahkan usia lanjut. Kami memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat silakan masuk ke Universitas Terbuka. Universitas Terbuka itu punya kita, karena milik negara dan dibiayai oleh pemerintah dengan uang rakyat, jadi miliki kita juga,” ungkapnya.

Masih kata dia, Universitas Terbuka Serang sudah sangat baik, dengan teragretasi A dan B, kecuali yang baru tersebut teragretasi C.

“Kita juga teragretasi Badan internasional melalui Badan Dunia perguruan tinggi jarak jauh. Kemudian pembelajaran kedepannya itu akan mengarah kepada pembelajaran secara online di era distruksi,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang pengembangan Sistem informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka Serang Adi Winata, M.Si. menuturkan bahwa Universitas Terbuka tersebut sudah berdiri sejak Tahun 1984.

“Kami saat ini lebih berusaha akan meningkatkan status Karena status UT sekarang adalah status BLU (Badan Layanan umum), dan sekarang kita akan naik kelas menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum). Insya-Allah pertengahan tahun ini PP (Peraturan Pemerintah) keluar kita akan sangat fleksibel melakukan perubahan-perubahan program studi yang diminati oleh masyarkat, pembiayaan juga akan sangat fleksibel dan kita juga akan sejajarlah dengan IPB UI,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here