Kecamatan Ciwandan Kembangkan Tanaman Suji, Untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

11

Cilegon,- Medianews.co.id,- Pemerintah Kecamatan Ciwandan tengah mengembangkan pohon suji menjadi tanaman yang dibudidaya oleh masyarakat untuk diambil daunnya. Hal itu dilakukan, karena daun suji memiliki banyak manfaat kesehatan. Pencanangan penanaman pohon suji tersebut dikemas melalui program Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga (Asmantoga) Daun Suji yang dilombakan di Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan.

“Kami memilih mengembangkan penanaman pohon suji itu karena daunnya memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun suji itu bisa dikonsumsi dengan berbagai olahan makanan, sehingga lebih menarik, enak dan bermanfaat,” kata Camat Ciwandan Agus Ariadi sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Jumat (24/2).

Pengembangan pohon suji itu, tambah Agus, merupakan bagian dari inovasi Pemerintah Kecamatan Ciwandan yang dikemas melalui program Asmantoga dan dilombakan serta dinilai dengan diikuti oleh ibu-ibu kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). “Penilaian lomba Asmantoga-nya sudah dilakukan Selasa (21/2) kemarin di Kelurahan Tegal Ratu. Pada program penilaian Asmantoga sebelumnya, kami juga mengembangkan budidaya pohon kelor di Kelurahan Kubangsari. Alhamdulillah sekarang pasarnya sudah go Internasional,” tambahnya.

Baca juga  Drs H.Romli Memberikan Apresiasi Kepada Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Kota Cilegon

Agus mengaku, pihaknya terus berusaha untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membudidayakan tanaman berkhasiat tinggi. “Program Asmantoga di Ciwandan selalu berbeda, tidak hanya mengembangkan tanaman herbal yang sangat umum seperti kunyit, jahe dan lain-lain tapi juga yang lain seperti kelor dan daun suji,” akunya.

Dalam hal ini, Agus berharap, program Asmantoga tersebut dapat menambah pengetahuan dan semangat masyarakat dalam menanam serta membudidayakan tanaman yang memiliki manfaat tinggi, terutama dari aspek kesehatan. “Program ini (Asmantoga-red) diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” harapnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini