Pembangunan RSUD Cilegon Lantai 5: Proyek Raksasa, K3 dan Pagar Seadanya?

10

Cilegon,- Medianews.co.id,- Proses pembangunan gedung lantai 5 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon tengah menjadi pusat perhatian publik setelah kritik keras dilontarkan oleh Yadi, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Arun. Yadi mengkritisi penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), penggunaan Direksi Kit, serta ketidakpatuhan terhadap standar pagar proyek. Sabtu, 22 Juni 2024.

Yadi mengungkapkan bahwa penerapan K3 di lokasi proyek sangat minim. “Banyak pekerja yang bekerja tanpa alat pelindung diri yang memadai, seperti helm, sepatu safety, dan sarung tangan. Ini sangat membahayakan keselamatan mereka,” tegas Yadi. Kurangnya pelatihan K3 juga disorot, karena pelatihan rutin yang seharusnya dilakukan untuk memastikan keselamatan pekerja tidak berjalan dengan baik. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan potensi terjadinya kecelakaan kerja yang seharusnya bisa dihindari.

Menurut Yadi, Direksi Kit yang seharusnya digunakan untuk memonitor dan memastikan kualitas pekerjaan konstruksi tidak digunakan dengan benar. “Direksi Kit adalah perangkat penting untuk memastikan setiap tahap konstruksi memenuhi standar kualitas. Namun, banyak indikasi bahwa alat ini tidak dimanfaatkan secara optimal, yang berakibat pada kualitas bangunan yang diragukan,” ujarnya.

Baca juga  Masuki Tahap Lelang, Pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15 Ditarget Rampung Akhir Tahun Ini

Begitupun dengan pagar proyek yang tidak sesuai standar juga menjadi salah satu fokus kritik Yadi. “Pagar proyek seharusnya melindungi area konstruksi dan menjaga keselamatan warga sekitar. Namun, pagar yang ada saat ini sangat tidak kokoh dan diduga memakai bahan seng bekas,” jelas Yadi.

Yadi juga mendesak pemerintah Kota Cilegon untuk segera mengambil tindakan. “Kami meminta pemerintah melakukan inspeksi menyeluruh dan segera memperbaiki semua kekurangan, termasuk penerapan K3, penggunaan Direksi Kit, dan kualitas pagar proyek,” tegasnya.

Menanggapi kritik tersebut, Direktur RSUD Kota Cilegon selaku pengguna anggaran belum bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Dengan adanya kritik dan perhatian dari berbagai pihak, diharapkan proyek pembangunan gedung lantai 5 RSUD Kota Cilegon ini dapat kembali ke jalur yang benar dan memberikan hasil yang aman dan berkualitas bagi warga Kota Cilegon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini