Peringati Hari Metrologi, Wali Kota Ajak Masyarakat Patuh dan Tertib Ukuran

9

Cilegon,- Medianews.co.id,- Dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia Tingkat Kota Cilegon, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meminta kepada warganya untuk  melaksanakan tertib ukur. Hal itu dilakukan demi mewujudkan perdagangan yang jujur, adil dan berdaya saing.

Demikian disampaikan Helldy Agustian saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dirangkaikan dengan Hari Metrologi Dunia Tingkat Kota Cilegon, di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Jalan Jenderal Soedirman, Senin 22 Mei 2023.

Helldy berharap peringatan hari meteorologi dunia  dapat menambah wawasan bagi semua pihak agar lebih melek akan metrologi. Dengan begitu, ke depan Kota Cilegon bisa menjadi daerah yang tertib ukur dan tidak ditemukan lagi timbangan yang tidak memiliki tanda tera yang sah.

“Dengan tertib ukur itulah diharapkan akan terwujud perdagangan yang adil dan Cilegon memiliki daya saing yang baik,” katanya.

Lebih lanjut, Helldy mengungkapkan bahwa Kota Cilegon setiap tahun telah melaporkan perkembangan pelaksanaan metrologi secara legal yang mengacu pada peraturan perundang-undangan, serta menerapkan standar dalam pengukurannya terutama di sektor perdagangan.

Baca juga  Pembangunan MCK Program TMMD 112 Kodim 0623/Cilegon Sudah Mencapai 25 Persen

“Penyelenggara urusan metrologi di Kota Cilegon dilaksanakan oleh Bidang Metrologi Legal yang terdapat di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, kegiatan kemetrologian merupakan pondasi untuk mewujudkan perdagangan yang adil dan berdaya saing nasional,” ucapnya.

Helldy menjelaskan jika metrologi bukanlah ilmu tentang cuaca, melainkan ilmu tentang ukur mengukur secara luas. Hal itu dengan perjanjian diplomatik yang dikenal sebagai Convention Du Metre (Konvensi Meter) di Paris pada tanggal 20 Mei 1875.

“Metrologi ini menjadi salah satu bagian dalam kehidupan kita sehari-hari yang sangat alamiah dan vital, tetapi istilah metrologi saat ini masih terdengar asing di telinga masyarakat, dan mungkin banyak yang mengira jika meteorologi merupakan ilmu cuaca tetapi faktanya bukan ilmu tentang cuaca tetapi ilmu tentang ukur mengukur,” ungkapnya.

Dalam moment upacara tersebut turut juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan yang diberikan Helldy Agustian kepada perusahaan wajib tera dengan kepatuhan tinggi tahun 2023.

Mereka antara lain PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.424.01(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini