Peringati Hari Otonomi Daerah, Helldy Ingin Tingkatkan PAD Cilegon

13

Cilegon,- Medianews.co.id,- Dalam memperingati Hari Otonomi Daerah ke 27 Tahun 2023, Pemerintah Kota Cilegon menggelar upacara yang dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Kantor Wali Kota Cilegon yang mengusung tema Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul, Selasa, 2 Mei 2023.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan untuk perlu mengetahui esensi filosofi otonomi daerah untuk mencapai kemandirian fiskal atau anggaran. “Perlu kiranya kita memanjatkan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis untuk mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) serta memacu terjadinya pemerataan pembangunan,” ujarnya.

Helldy juga meminta untuk terus berinovasi dan tidak tergantung pada APBD. Selama ini, Pemkot Cilegon telah berupaya menjalankan program tanpa menggunakan APBD.

Antara lain, pengelolaan sampah yang didanai oleh PLN dan World Bank, pemasangan lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) sebanyak 2000 unit, perbaikan jalan Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang dibantu oleh Forum Industri Peduli JLS, perbaikan gorong gorong di Citangkil dan Ciwandan, memperindah trotoar di Cilegon Barat, dan yang terbaru program mudik gratis.

Baca juga  Cilegon Expo 2024 Diserbu Ribuan Pengunjung

“APBD kita terbatas dan saya ingin lebih banyak anggaran kita untuk masyarakat langsung seperti honor guru madrasah, guru mengaji, honor RT RW, kader posyandu dan lainnya,” kata dia.

Sebagai informasi, saat ini pendapatan Anggaran Kota Cilegon tahun 2023 sebesar Rp1,9 triliun. Terdiri atas Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp. 914,6 miliar dan pendapatan transfer dari pusat sebesar Rp1,06 triliun. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini