PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk Tanam Ratusan Pohon Di Desa Kadubeureum

45

Kabupaten Serang,- Medianews.co.id,- PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP), bersama ratusan relawan PT Chandra Asri menanam pohon dalam rangka Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh setiap tanggal 28 November, penanaman di lakukan di taman kehati kampung 156 , desa kadubeureum , padarincang Banten . Rabu ( 7/12/2022).

Prosesi penanaman pohon produktif dan pohon endemik Banten ini berkolaborasi dengan Yayasan Kehati Cikalumpang yang turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Lutfi Kelana, Pemilik Yayasan Kehati Embay Mulya Syarif, Kepala Yayasan Kehati Kuswanto, dan perwakilan Unit Pelayanan Terpadu Daerah – Balai Pembibitan Tanaman Hutan (UPTD – BPTH) Provinsi Banten Silvinia serta jajaran manajemen Chandra Asri.

Jenis tanaman yang ditanam diantaranya tanaman produktif yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain untuk kebutuhan pangan, penanaman pohon ini bertujuan untuk menjaga kualitas udara dan menambah pasokan oksigen di wilayah sekitar.

Hari Menanam Pohon Nasional ini, Chandra Asri menanam 450 bibit pohon yaitu 200 bibit ditanam di Taman Kehati Kampung 165 dan 250 bibit pohon lainnya didistribusikan ke Taman Kehati Asri binaan Perusahaan.

Sebelumnya, Perusahaan juga berkontribusi menanam 2.000 pohon sejak 2019 di Taman Kehati Barokah, Desa Kadubeureum, Kabupaten Serang.
Pada kesempatan yang sama, Kepala DLH Kabupaten Serang menyerahkan penghargaan kepada Chandra Asri atas komitmen perusahaan terhadap perlindungan keanekaragaman hayati di Taman Kehati Barokah.

Rachman Tjiptoputro selaku SHE General Manager Chandra Asri mengatakan, “Aksi penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian Chandra Asri beserta karyawan dalam perlindungan lingkungan sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Chandra Asri juga hendak berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh DLH Kabupaten Serang kepada Perseroan yang terus menjadi motivasi kami untuk terus menciptakan lingkungan yang sehat bagi semua,” kata Rachman.

Baca juga  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Luncurkan TeBaSS, Situs Diskon Belanja Untuk Pembayar Pajak Kendaraan Bermotor

Selain rutin melakukan aksi penanaman pohon, Chandra Asri juga senantiasa berkontribusi tehadap kenanekaragaman hayati melalui Taman Kehati Asri binaan Perusahaan yang berlokasi di Desa Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Berdasarkan Data Status Keanekaragaman Flora Taman Kehati Asri tahun 2022, terdapat sejumlah 407 tanaman dengan 43 jenis tanaman dengan indeks keanekaragaman Hayati Flora sebesar 2.95, naik dibandingkan indeks di tahun 2021 yang sebesar 2.93.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang, Lutfi Kelana mengapresiasi pihak CAP yang telah melaksanakan kegiatan tanam pohon di wilayah nya. Ia pun mewakili Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan terimakasih atas nama Pemerintah Kabupaten Serang.

“Saya mewakili Bupati dan Pemerintah Kabupaten Serang mengucapkan terimakasih karena Chandra Asri sudah berkali-kali membantu masyarakat khususnya Pemkab Serang dalam rangka pelestarian lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon. Ini sangat bagus dalam rangka mitigasi bencana akibat rusaknya pohon dalam hutan,” jelas Lutfi.

Sementara itu, Pemilik Yayasan Kehati Embay Mulya Syarif berharap kegiatan penanaman pohon di sekitar lokasi diharapkan bisa mengedukasi masyarakat sekitar agar bisa menjaga kelestarian alam. Salah satunya dengan memberikan edukasi pentingnya menanam pohon.

“Saya kira kegiatan Chandra Asri melibatkan karyawannya melakukan gerakan menanam pohon ini sangat baik, untuk mengedukasi masyarakat agar tahu pentingnya menanam pohon. Jadi masyarakat tidak hanya menebang-nebang saja. Jadi boleh saja menebang tapi jangan lupa saat menebang satu itu harus menanam sepuluh jadi hutan tidak rusak. Kalau rusak kan yang kesulitan air juga masyarakat, belum lagi bencana longsor dan banjir yang menjadi ancaman,” kata Embay.

( Ana/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini