Refleksi HUT Ke-24 Kota Cilegon: Mahasiswa Demo Pemkot, Ini Tuntutan Mereka

38

CILEGON,- Medianews.co.id,- Pada Selasa (2/5/2023), puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Cilegon (FMC) melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Walikota Cilegon sebagai bentuk refleksi HUT Kota Cilegon Ke-24 Tahun. FMC merupakan gabungan dari beberapa organisasi kemahasiswaan, seperti IMC, PMII, KAMMI, dan SAPPMA.

Dalam aksinya, para mahasiswa menyampaikan orasi yang menyoroti berbagai persoalan yang terjadi di Kota Cilegon, seperti angka pengangguran yang masih tinggi meski Cilegon sebagai kota dengan APBD diperingkat 10 besar dengan industri yang makin berkembang. Menurut Arifin, mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC), ini merupakan capaian angka yang masih jauh dari kata memuaskan.

“Cilegon sebagai kota dengan APBD diperingkat 10 besar dengan industri yang makin berkembang namun angka statistik saat ini pengangguran di Kota Cilegon berada diurutan nomor 4 di Provinsi Banten. Ini sebuah capaian angka yang masih jauh dari kata memuaskan.” Kata Arifin, Mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC).

Tidak hanya itu, FMC juga menyoroti berbagai permasalahan di sektor ekonomi, sosial, pendidikan, dan pembangunan di Kota Cilegon.

“Meskipun ada 10 janji kampanye Helldy-Sanuji yang memberikan kabar angin segar bagi masyarakat Kota Cilegon, tetapi para mahasiswa menilai bahwa pencapaian masih jauh dari target yang dijanjikan.” Tambahnya.

FMC juga menyoroti perjalanan lembaga eksekutif yang tidak lepas dari kontrol lembaga pemerintah legislatif. Meski fungsi kontrol DPRD Kota Cilegon sudah berjalan, namun ketegasan dan komitmen para wakil rakyat sering diuji. Arifin menegaskan bahwa banyak anggota dewan yang hanya mengkritisi melalui media online namun tidak tuntas di lapangan.

Baca juga  Pemkot Cilegon Gelar Survei agar Pembangunan Sesuai Aspirasi Warga

“Ini menjadi persoalan lembaga legislatif di usia Cilegon yang ke 24 tahun.” Tegas Arifin

Di samping itu, FMC juga menyoroti maraknya kenakalan remaja di Kota Cilegon yang terjadi belakangan ini. Oleh karena itu, mereka menuntut Pemkot Cilegon untuk memaksimalkan sosialisasi dan monitoring tentang bahaya kenakalan remaja.

Berikut adalah sepuluh tuntutan FMC kepada Pemkot Cilegon:

1. Segera realisasikan 10 Janji kampanye Helldy-Sanuji.

2. Menuntut transparansi informasi yang ada di wilayah Kota Cilegon.

3. Wujudkan Good Governance and Clean Gover.

4. Menuntut DPRD Kota Cilegon lebih tegas dalam mengontrol kebijakan pemerintah.

5. Tata kelola kota diperbaiki.

6. Harmonisasi hubungan walikota dan wakil walikota cilegon, dan tetap fokus pada penyelesaian program kerja.

7. Memperbaiki penjaringan beasiswa lebih presisi kepada masyarakat yang kurang mampu.

8. Memperluas lapangan pekerjaan .

9. Memaksimalkan peran legislatif dalam penyerapan ide pokok pikiran rakyat.

10. Memaksimalkan Sosialisasi dan monitoring tentang bahaya kenakalan remaja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini