Taiwan Selenggarakan Pekan Kesetaraan Gender 2023

9

Jakarta,- Medianews.co.id,- Taiwan diakui secara internasional memajukan kesetaraan gender, dan selama Sesi ke-67 Pertemuan Komisi Status Perempuan atau CSW67, lembaga swadaya masyarakat Taiwan terus mempromosikan prakarsa kesetaraan gender serta meningkatkan kesadaran tentang arti pentingnya pencapaian kesetaraan gender.
Siaran pers Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Selasa (21/3/2023) menyebutkan, CSW (The Commission on the Status of Women) itu sendiri adalah badan antarpemerintah dari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didedikasikan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.
Dengan kata lain, CSW adalah komisi hak asasi perempuan tertinggi di PBB, dan Pertemuan Tahunan CSW telah diadakan di markas besar PBB di New York sejak 1987.
Adapun CSW67 diadakan secara langsung tahun ini dari tanggal 6 hingga 17 Maret. Tema yang diprioritaskan adalah “Inovasi dan Perubahan Teknologi serta Pendidikan di Era Digital Untuk Mencapai Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Semua Perempuan dan Anak Perempuan”.
Bersamaan dengan CSW67, Kementerian Luar Negeri dan Yayasan Promosi dan Pengembangan Hak Perempuan secara bersama-sama mengadakan beberapa acara untuk merayakan Pekan Kesetaraan Gender Taiwan.
Acara dimaksud adalah Taiwan Night dengan tema Merayakan Perempuan Dalam Teknologi; Taiwan Main Stage: Mempromosikan Kesetaraan Gender di Era Digital; dan Forum LSM CSW67.
Taiwan Night diadakan di Taipei Economic and Cultural Office (TECO) di New York pada 7 Maret pukul 19:00 waktu setempat, atau tanggal 8 Maret waktu Indonesia. Peserta acara tersebut termasuk tamu kehormatan dari sahabat aliansi diplomatik Taiwan, perantauan (diaspora) Taiwan, LSM, dan delegasi CSW67 Taiwan.
Acara itu menampilkan film-film tematik dan peragaan busana “multiverse” hibrida, dan acara tersebut menggarisbawahi komitmen Taiwan terhadap kesetaraan gender dan menunjukkan keberhasilan yang dicapai oleh sektor publik dan swasta yang bekerjasama untuk memajukan pengembangan teknologi dan kesetaraan gender.
Adapun Taiwan Main Stage yang mempromosikan kesetaraan gender di era digital diadakan di TECO di New York pada 9 Maret pukul 18:30 waktu setempat atau tanggal 10 Maret waktu Indonesia. Sejalan dengan tema CSW67, acara itu menegaskan inisiatif LSM Taiwan serta inovasi gender dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pada kesempatan itu tamu kehormatan dari sahabat aliansi diplomatik Taiwan dan LSM internasional berbicara tentang integrasi teknologi dan kesetaraan gender, meningkatkan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan di era digital, dan kebutuhan mendesak akan inklusivitas dalam sains dan teknologi.
Sementara itu forum LSM CSW67 tahun ini yang digelar mulai 6 hingga 17 Maret 2023 dimeriahkan dengan 28 acara paralel dari LSM Taiwan, dengan 14 acara tatap muka dan 14 acara virtual.
Dalam kaitan ini LSM Taiwan berbagi pengalaman praktis dan saran tentang bagaimana membebaskan perempuan dari tindak kekerasan berbasis gender atau gender-based violence (GBV) yang difasilitasi teknologi, dan membuat perempuan mencapai potensi penuh mereka melalui teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here