Tekan Penurunan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkot Serang Gelar Pasar Tani

12

Serang,- Medianews.co.id,- Jelang Ramadhan, Pemerintah Kota Serang melalui DKP3 Kota Serang dan Dinkopukmperindag Kota Serang menggelar kegiatan Pasar Tani dalam rangka penurunan Inflasi yang dilaksanakan di Ruas jalan Puspemkot Serang, Senin (20/03).

Kegiatan Pasar Tani tersebut dilaksanakan usai Apel Pagi yang diikuti oleh kelompok Tani dan kelompok UMKM Kota Serang.

Pada saat menjadi pemipin Apel, Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin mengungkapkan bahwa Kota Serang saat ini masih mengalami inflasi tertinggi,

Diakhir Desember kemarin, angka Inflasi Kota Serang mencapai angka 6,22 Persen sehingga membuat Pemerintah Daerah berkolaborasi untuk menurunkan Inflasi di Kota Serang.

“Untuk mengurai hal tersebut, hari ini ada pasar tani yang diselenggarakan oleh DKP3 dan Dinkopukmperindag, silahkan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau bapak/ibu sekalian borong semua barang-barang hasil petani kita” ungkap Nanang.

Selain itu, usai meninjau stand Tani Sekretaris Daerah Kota Serang mengatakan kegiatan pasar tani ini dilakukan sebagai bentuk menekan penurunan Inflasi menjelang bulan suci Ramadhan.

“Nah ini sebenarnya dalam rangka menekan angka inflasi, karena biasanya menjelang bulan suci ramadhan dan menjelang lebaran, konsumsi masyarakat atau kebutuhan masyarajat terhadap 10 bahan pokok ini sangat tinggi” kata Nanang.

Ia juga menyampaikan bahwa pasar tani ini akan dilakukan secara berkelanjutan yang akan diselenggarakan di tempat-tenpat tertentu.

“Bahkan nanti di Alun-alun juga ada pasar UMKM nanti saat bulan puasa juga ada kegiatan berkelanjutan operasi pasar dan sebagainya” tambah Nanang.

Baca juga  DPC PJBN Pulomerak Terus Lestarikan Ritual Budaya Agama Seperti Yasinan dan Tahlil

Nanang juga menyampaikan harga yang dilakukan dipasar tani ini relatif murah daei harga biasanya dalam rangka menstabilkan harga juga dipasaran.

“Saya yakin menjelang bulan puasa, biasanya para pedagang itu seenaknya menaikan harga dipasaran, sehingga saat ini kita sedang menyesuaikan harga di pasaran” ujar Nanang.

Menambahkan hal tersebut, Kepala DKP3 Kota Serang Sony August menambahkan saat ini pasar tani baru diselenggarakan dan diwajibkan untuk para ASN terlebih dahulu dengan menjual sekitar 150 paket sembako dan juga yang dijual secara eceran.

“Ini yang paketan ini ada sekita 150 paket, kita ingin lihat dulu apakah hasilnya memuaskan atau tidak, namun disamping itu juga ada yang kita jual bukan per paket” ungkap Sony.

Adapun isi setiap paket tersebut terdapat Beras, Telor, Cabai, Bawang dan Olahan Ikan.

“Jadi prodak saat ini bukan ikan-ikanan, jika memang dimungkinkan untuk kegiatan ini berlanjut nanti akan kita ikut libatkan para nelayan juga untuk ragam ikan dan olahan ikan” tambah Sony.

Ia juga menyampaikan dalam waktu mendatang DKP3 Kota Serang akan berkolaborasi dengan Dinkopukmperindag Kota Serang menyelenggarakan operasi pasar dan pasar tani untuk masyarakat di enam Kecamatan Se-Kota Serang.

(Ana/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini