Transformasi Sukses PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri: Penghargaan, Inovasi, dan Pertumbuhan

25

Cilegon,- Medianews.co.id,- PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) sukses mengukir prestasi dengan meraih beberapa penghargaan dalam satu tahun terakhir. Pada 24 Mei 2022, PCM menerima penghargaan sebagai Operator Pandu Terbaik dari Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Kemudian, pada 29 September 2023, PCM dinobatkan sebagai BUMD Usaha Pelabuhan Terbaik oleh Kemendagri. Saat ini, setelah terintegrasi dengan Inaportnet pada 24 November 2023, PCM mempermudah pelanggan dalam mengakses proses keluar masuk kapal tunda.

Direktur Utama PT. PCM, Muhammad Willy, menyatakan, “PCM terus berbenah dan meningkatkan pendapatan sebagai BUMD Pemkot Cilegon. Awalnya, lalu lintas kapal pandu hanya 300-an per bulan, kini sudah mencapai 1100, memberikan kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cilegon,” ungkapnya. Kamis, 30/11/2023.

Selain fokus pada peningkatan pendapatan, Willy mengungkapkan rencana PT. PCM untuk membangun Terminal Pelabuhan Warnasari dengan melibatkan investor seperti PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS).

“Jadi nanti yang membangun PT CAP sedangkan pengoperasiannya dari PT KBS. Pangsa Pasar PCM sudah merambah di Banten, ke depan kita juga akan merambah hingga tingkat nasional,” jelasnya.

Baca juga  Gelar Operasi Jaran Maung 2022 Polda Banten Berhasil Amankan 54 Tersangka dan Puluhan Unit Kendaraan Curian

Eka W Dahlan, Kuasa Hukum PT. PCM, menambahkan informasi terkait penyewaan lahan PT. Lotte Chemical di lahan Warnasari milik PT. PCM. “Keputusan sewa lahan kepada Lotte Chemical adalah langkah tepat dan strategis untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Ini hanya sementara dan mendukung akses proyek,” katanya.

Terhadap dampak penggunaan lahan, PCM menunjukkan tanggung jawab dengan mengganti lahan mangrove seluas 8,7 hektar dengan menanam pohon mangrove seluas 10 hektar di wilayah Lontar, Serang. “Ini mencerminkan komitmen PCM terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan.” Pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini