Dandim 0602/Serang bersama ISMA Melakukan Panen Iklan Lele dan Fatin

20

Kabupaten Serang,- Medianews.co.id, – Dalam rangka mendukung program katahanan pangan yang di gagas pemerintah di masa Pandemi Covid 19, Kelompok masyarakat pemuda mesjid (ISMA) melakukan panen Ikan lele dan ikan fatin. Ikan lele yang dibudidayakan di kolam empang ini milik lahan keluarga Amarudin telah diberjalan selama 2 tahun dan diisi bibit ikan lele, ikan fatin dan ikan nila, setelah tiga bulan kolam penuh dengan ikan siap dipanen.

Di kolam berukuran diameter 5000 meter kemudian memanen ikan sebanyak 80 ribu ekor terdiri dari ikan lele, fatin dan nila dengan menggunakan alat tangguk. Ikan – ikan lele ini tampak segar segar.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria bersama Komandan Kodim (Dandim) 0602 Serang, Kolonel Inf Suhardono memberikan beras dan ikan lele kepada warga setempat, wujud sinergitas antara TNI/Polri dalam mendukung masyarakat untuk swadaya ketahanan pangan.

Penggagas swadaya Amarudin mengatakan bahwa swadaya ini sudah dilakukan sejak 2 tahun dan sudah tiga kali panen ikan lele, fatin dan ikan nila. Dimulai dari pembuatan kolam, kandang ternak, pertanian dan peternakan.

“Selain swadaya ikan lele, ikan fatin dan ikan nila, kita pun menanam jahe merah hampir satu hektar lebih dan peternakan ada 33 ekor, kita beli hewan ternak itu dalam kondisi hamil dan Alhamdulillah sudah melahirkan, dan sudah tiga kali panen ikan,” ungkapnya usai panen ikan lele di Kampung Curug Bonteng, Kramatjati, Kragilan, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (8/9/2021).

Baca juga  Simulasi PTM Tahap II SMAN 1 Palangka Raya

Konsep budidaya ikan lele dengan memanfaatkan lahan kosong milik keluarga Amarudin untuk menjaga ketahanan pangan sebagai imbas pandemic covid 19 merupakan salah satu alternatif untuk menjaga ketahanan pangan sehingga kebutuhan pangan terpenuhi.

“Ini semangat sudah nampak, untuk budi daya perikanan, saya liat semangat dari pemuda-pemuda telah nampak untuk memenuhi pangan dengan memanfaatkan lahan kosong milik keluarga saya, dari sini pemuda juga dapat belajar bertani, memahami tentang agrowisata, budidaya ikan lele agar mereka juga bisa berwirausaha,” tuturnya.

Lanjut Amarudin, bentuk swadaya ini, hasil gotong royong masyarakat, materi dalam bersinergi dengan pemuda di Kampung Curug Bonteng, Kramatjati, Kragilan, Kabupaten Serang serta dibantu oleh CSR Cargill.

“Motivasi kita ingin berbagi untuk kegiatan bakti sosial dalam mengurangi
beban masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19 serta Desa kita bisa menjadi contoh buat Desa-desa lainnya.,” tutupnya.( Ana/ red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here