Tagih Komitmen Dengan PT KTI, Puluhan Pemuda Pasauran Gelar Unjuk Rasa

15

Cilegon,- Medianews.co.id,- Komunitas Pemuda Pasauran menggelar unjuk rasa di Kantor PT Krakatau Tirta Industri (KTI) yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon. Jumat, 10/06/2022

Dalam unjuk rasa tersebut Puluhan pemuda menuntut PT KTI agar merekrut tenaga kerja lokal (karyawan) dari warga yang berada di wilayah Desa Pasauran, sebagaimana diklaim sebagai komitmen KTI saat menginisiasi pembangunan Bendung Cipasauran.

“Berdasarkan pendapat Pemuda Pasauran ini adalah bagian dari komitmen PT.KTI untuk menginisiasi pembangunan Bendung Cipasauran. Kami mengharapkan kepada KTI memberikan kesempatan bekerja untuk 10 orang pemuda pasauran,” kata Mulyadi yang juga sebagai Kepala Desa Pasauran.

Menurutnya, pernah dilakukannya mediasi antara pemuda Pasauran dengan PT KTI terkait persoalan perekrutan tenaga lokal tersebut, namun hinga turun kejalan menggelar aksi belum ada titik temu.

“Mediasi tidak ada titik temu, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat yang kemarin-kemarin sudah rencana berunjuk rasa. Artinya saudara-saudara mengharapkan kesempatan kerja,” ungkapnya.

Sekertaris PT. KTI, Gumilar Sugandi menjelaskan. Bahwa penyampaian aspirasi oleh pemuda pasauran di latar belakangi tuntutan agar pihak manajemen PT. KTI segera melakukan penerima karyawan yang diambil dari sumber daya manusia yang terdapat di wilayah desa Pasauran Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.

Baca juga  Karaoke dan Tempat Hiburan Harus Tutup Selama Ramadhan, Warung Makan Buka Jam 4 Sore

“Pemberian kesempatan bekerja bagi masyarakat Desa Pasauran sebagaimana diklaim sebagai komitmen KTI saat menginisiasi pembangunan Bendung Cipasauran, hal tersebut sudah terealisasi jauh sebelumnya ini dengan terdapatnya perwakilan masyarakat Desa Pasauran yang bekerja di bidang operasional pengolahan air (operator) maupun tenaga keamanan,” Jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa telah disampaikan kepada perwakilan pengunjuk rasa untuk personil keamanan yang ditempatkan di Rumah Pompa Cipasauran adalah personil eksisting yang ditempatkan di Rumah Pompa Cipasauran dalam rangka rolling personil semata.

“Bahwa telah disampaikan juga kepada perwakilan pengunjuk rasa untuk setiap personil keamanan pada prinsipnya merupakan karyawan outsourcing. Dalam hal terdapat kebutuhan tenaga personil keamanan, KTI telah mempersyaratkan untuk dapat dipertimbangkan perekrutannya terhadap masyarakat setempat,” tambahnya.

Lebih lanjutnya, Gumilar Sugandi menyampaikan Bahwa sampai dengan saat ini KTI belum melakukan perekrutan karyawan baru. Berharap Bahwa dalam hal KTI melakukan perekrutan karyawan baru di kemudian hari, pada prinsipnya seluruh proses terbuka untuk setiap orang Warga Negara Indonesia untuk dapat berpartisipasi mengikuti tahapan perekrutan.

“Keputusan atas penerimaan karyawan tersebut sepenuhnya didasarkan pada pemenuhan atas kriteria, persyaratan, dan hasil yang diperoleh panitia perekrutan atas keikutsertaan setiap peserta di setiap tahapan seleksinya,” pungkasnya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini