Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Supriyadi : Sarankan Pemda Kota Cilegon Bentuk Dewan LH

42

CILEGON,- Medianews.co.id,- Dalam momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Non-Govermental Organization (NGO) Rumah Hijau (RH) mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan perhatiannya pada soal Lingkungan Hidup (LH).

direktur eksekutif NGO RH Supriyadi menerangkan beberapa point yang cukup vital seperti, pengawasan dokumen AMDAL dan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL).

“Persoalan banjir jadi prioritas utama dalam soal lingkungan hidup, lalu kami ingatkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) tidak diganggu gugat terutama dengan investasi. Jika melanggar kami akan laporkan yang tak sesuai dengan RTRW,” kata Supriyadi, Sabtu (5/06/2021).

Rumah Hijau juga berharap, ada peningkatan SDM satgas LH di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Cilegon, sehingga dalam pengawasannya DLH bisa memantau dan juga mensupport kinerja pemantauan di perusahaan-perusahaan yang ada di Cilegon.

“Lalu RTH yang masih kurang, harus terus ditingkatkan. Dalam upaya untuk mengurangi polusi udara baik dari kendaraan bermotor ataupun perusahaan yang membuang karbondioksida di udara,” kata Yadhi, dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga  Kantongi Dua Alat Bukti, Kejari Cilegon Tetapkan Tersangka Kadishub Cilegon  

Lalu, NGO ini meminta agar Walikota Cilegon bisa mendengarkan organisasi LH, karena baginya amat penting, dan jadi prioritas masukan untuk Rencana Pemerintah baik itu jangka menengah atau panjang Pemda Cilegon.
“Kami RH, mengajak Pemerintah memantau perusahaan-perusahaan yang membandel atau melanggar baku mutu air, udara dan tanah,” ujarnya.

Serta, mengawasi dokumen AMDAL dan UKL UPL, harus diawasi serius. Disisi lain, NGO RH menyarankan agar Pemda membentuk Dewan LH, untuk membantu kinerja Walikota.

“Kami ingin ada dewan lingkungan hidup yang bisa membantu walikota dan Jajaran untuk meningkatkan upaya lingkungan hidup yang sehat, dan baik di Cilegon. Untuk saat ini dan masa yang akan datang,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here