Bedah Buku Geger Cilegon, Helldy Minta Generasi Muda Tak Lupakan Sejarah

20

Cilegon,- Medianews.co.id,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon mengadakan acara Bedah Buku Geger Cilegon dengan tema “Menelisik dan Menguak Jejak Sejarah yang Ada di Cilegon Lewat Peristiwa Pemberontakan Petani Banten 1888”, di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon, Jumat 9 Juni 2023.

Sebagai informasi, Buku Geger Cilegon karya Bambang Irawan ini merupakan salah satu buku yang menceritakan perjalanan panjang tentang catatan sejarah Kota Cilegon yang luput dari perhatian sejak era kesultanan, zaman penjajahan, maupun masa kemerdekaan hingga saat ini.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang hadir sekaligus membuka acara tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginnya kepada penulis atas catatan sejarah yang dituangkan dalam Buku Geger Cilegon.

“Kita hadir hari ini karena sejarah. Saya berpesan agar generasi muda tak melupakan sejarah masa lalu. Sejarah selalu menjadi hal yang paling penting maka dalam visi dan misi kami yaitu Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat terdapat sejarah Geger Cilegon 1888 agar supaya Kota Cilegon lebih bisa berdaya saing dengan kabupaten/kota lain yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Helldy, Kota Cilegon sudah mulai dikenal lebih luas. Mulai dari pabrik pengolahan sampah menjadi pendamping batu bara yang kemudian dipelajari oleh kabupaten/kota di Indonesia.

Baca juga  Mathla'ul Anwar Tetapkan Awal Ramadhan 12 Maret, Irwandi Ajak Kader Patuhi Maklumat

“Buah dari kerja keras itu Kota Cilegon bisa meraih penghargaan tingkat nasional dan kini Pemerintah Kota Cilegon telah berhasil berkompetisi secara nasional. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan yang telah kita raih,” sambung Helldy.

Helldy juga memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Bedah Buku Geger Cilegon 1888.

“Kami ucapkan terima kasih ini baru terjadi di era kami, terima kasih kepada seluruh pihak, dan kepada Pak Ismatullah yang telah mengadakan acara ini, kemudian juga kepada Pak Bambang yang telah menulis buku, dan semua pihak yang terlibat dalam acara Bedah Buku Geger Cilegon 1888 ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon Ismatullah mengatakan bahwa Buku Geger Cilegon 1888 akan menjadi Buku Sejarah yang wajib diketahui.

“Bahwa Buku Geger Cilegon 1888 ini akan menjadi buku sejarah Kota Cilegon yang wajib diketahui oleh setiap masyarakat Kota Cilegon mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi, sehingga generasi kita tahu bahwa di Kota Cilegon memiliki peristiwa penting bersejarah yaitu Geger Cilegon,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini