Diskominfo Cilegon Mencatat Ada Ratusan Panggilan Bernada Iseng Masuk ke nomer 112

21

Cilegon,- Medianews.co.id,- Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon mencatat ada ratusan panggilan telepon bernada iseng masuk ke nomor darurat 112 Kota Cilegon selama Januari 2022.

Analis kebijakan Sub Koordinator Pelayanan SPBE Diskominfo Adi Tri mengatakan, dari hasil rekaptulasi ada sebanyak 443 panggilan tidak valid. Dari jumlah panggilan itu, 277 panggilan diantaranya panggilan iseng dan 216 panggilan tidak bersuara.

“Memang kebanyakan panggilan iseng yang masuk ke 112. Contoh, ada yang minta nomor telepone petugas kami dan ada anak kecil yang kepencet nomor kami (112),” katanya, Senin (14/3/2022).

Adi menambahkan, meski menerima seabrek aduan tidak valid namun petugas menerima 5 panggilan normal. panggilan itu diantaranya aduan terkait pohon tumbang, kecelakaan, balap liar, kabel listrik putus, kebakaran dan 58 panggilan informasi dari masyarakat.

“Sebenarnya kami tidak bisa melarang masyarakat menggunakan 112. Tapi, kebanyakan yang menggunakan Call Center 112 ini adalah orang iseng. Dan itulah PR kami untuk terus mensosialisasikan dan meminta bantuan kepada teman-teman dan sosialiasi melalui media sosial (medsos) istagram (IG) dan pemasangan standing banner yang disebar di setiap kelurahan,” tambah Adi.

Baca juga  Zulkifli Hasan Memimpin Pemusnahan Produk Baja Tulangan Beton Tidak Sesuai Aturan

Kata Adi, layanan 112 ini dapat dihubungi setiap hari. Di mana petugas yang melayani dalam 1 shift terdiri dari 3 orang.

“Jadi setiap hari layanan 112 ada. Harapannya, di hari libur masyarakat bisa menggunakan fasilitas yang kami miliki,” terangnya.

Menurut Adi, panggilan 112 ini adalah salah satu layanan yang dapat digunakan oleh masyarakat Cilegon jika terdapat kejadian darurat. Ia mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan sebaik-baiknya.

“Jadi sebenarnya 112 ini khusus untuk kejadian darurat bukan untuk main-main. Layanan 112 sifatnya bebas pulsa,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini