Helldy Agustian Hadiri Haul Akbar Ki Arya Sintok Cikerai

77

Cilegon,- Medianews.co.id- Keluarga Besar Cikerai Menggelar Haul Akbar Ki Arya Sintok yang berada di Link Ciputri, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Kamis 10/3/22.

Haul Akbar tersebut di hadiri langsung Walikota Cilegon Helldy Agustian, Camat Cibeber Sofan Maksudi, Anggota DPRD Cilegon, plt Lurah Cikerai H. Adnan, bersama Tokoh Masyarakat Se-Kelurahan Cikerai.

Menurut Ketua Pelaksana Haul Akbar 2022 Maftuhi Mengatakan Kegiatan memperingati Haul Ki Arya Sintok tersebut sudah menjadi rutiniras setiap tahunnya.

“Kita yang disini adalah termasuk anak cucu cucu nya, yang memang ada garis keturunan ke Ki Arya Sintok, dan kita rutin setiap tahun mengadakan Haul Akbar untuk mendoakan orang-orang tua kita, para pejuang kita, mudah mudahan dengan lewat Haul Akbar ini ada suatu keberkahan dan kemanfaatan bagi masyarakat itu poinnya,” Kata Maftuhi.

Menurutnya, keberadaan sejarah Ki Arya Sintok merupakan seorang Waliallah dalam penyebaran agama islam melalui dakwah ke berbagai tempat.

“Sekitar ada di tahun 1600an kurang lebih beliau adalah yang menyebarkan agama islam dari daerah Cirebon bahkan dari Pasundan sampai kesini, itu dalam rangka dakwah dalam rangka penyebaran agama islam,” ucapnya.

Ia juga mencatat suatu sejarah Ki Arya Sintok dengan hati hati serta dilakukan dengan kajian kajian dan penelitian agar bisa mepunyai data yang valid.

“Lebih jelasnya tanggal tahun wafatnya, sampai hari ini pun juga kami kepingin mempunyai data yang valid, hanya perkiraan secara umum saja disekitar tahun 1600an cuma untuk realnya kami juga hati hati dalam masalah ini karena ketika mencatat suatu sejarah tidak bisa asal bicara kita harus melalui kajian harus melalui penelitian dan insyaallah saya yakin pada saatnya nanti kita akan mengetahui itu,” tambahnya.

Baca juga  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Gandeng SMSI Banten, Sosialisasikan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Ia juga berharap Keberadaan Pra- Sejarah yang ada di wilayah Cikerai tersebut bisa menjadi Destinasi Wisata Realigi yang ada di wilayah Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. karena sudah banyak para peziarah yang datang ketempat Makam Karomah Ki Arya Sintok.

“Untuk para peziarah ini memang kondisinya di bilang ramai juga iya, tapi kondisional cuma memang peziarah disini tidak hanya peziarah-peziarah lokal, bahkan yang dari luar daerah Cilegon sendiri ada contoh misalnya ada peziarah yang dari Cirebon ada juga yang dari Tasikmalaya ada juga yang dari Garut bahkan ada juga peziarah yang dari Jogja mereka mereka yang mempunyai suatu garis keturunan mereka pasti akan mencari,” ujarnya.

Walikota Cilegon Helldy Agustian sangat Mensuport dengan keberadaannya tempat tempat Wisata Realigi yang ada di wilayah Kota Cilegon tersebut.

“Kami Pemerintah Kota Cilegon tentunya sangat mensuport Wisata Realigi di kota Cilegon, karena Kota Cilegon ini kan Kota Pejuang bukan hanya Kota Industri saja, karena kita pernah ada Geger Cilegon,”

“Dan yang lainnya, lahan ini juga harus di tunjang oleh nanti usulan dari Kelurahan, Kecamatan, tadi kami udah minta ke panitia untuk membuat surat secara langsung kepada Walikota agar supaya nanti lebih disposisi, mudah mudahan nanti ada perubahan atau mendapatkan tambahan, agar supaya juga banyak orang dari luar Cilegon yang datang ke Cikerai untuk dapat Ziarah ke Makam kiyai H. Arya Sintok ini,” pungkasnya.

(Priadz)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini