Satgas Gakkumdu Polres Cilegon Berhasil Meringkus Pelaku Bajing Loncat di Jalur Lingkar Selatan

37

Cilegon,- Medianews.co.id,- Jajaran Satgas Gakkumdu Satuan Reskrim Polres Cilegon bekerja sama dengan Polsek Ciwadan telah berhasil menangkap dua pelaku bajing loncat yang beraksi di akses Jalur Lingkar Selatan (JLS) menuju Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Ciwandan, Kota Cilegon. Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Mochmad Nandar mengkonfirmasi bahwa penangkapan dilakukan pada hari Selasa, 18 April 2023, antara pukul 01.00 WIB hingga 08.00 WIB di Akses Jalan Lingkar Selatan pintu Pelabuhan Pelindo II Ciwandan, Banten.

“Penangkapan dilakukan terhadap dua pelaku Curat (bajing loncat) yang diduga telah mengganggu keamanan dalam operasi Ketupat Maung 2023 di Daerah hukum Polres Cilegon. Modus operandi kedua pelaku adalah dengan memanjat atau naik ke atas bak truk dan mengambil barang yang ada di atas truk. Pelaku yang berhasil diamankan adalah ARM alias Gepeng (21) warga Lingkungan Pintu Air, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan dan MR alias Dado (22) warga Lingkungan Warung Juet, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon,” ungkap AKP Mochmad Nandar pada Selasa, 18 April 2023.

Pelaku ARM alias Gepeng merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) sesuai Laporan Polisi, Nomor: B/05/III/2023/SPKT/21Sekciwandan/Res.cilegon/Banten, tanggal 18 Maret 2023 tentang Pencurian dengan Pemberatan barang berupa 4 karung Gula dari PT.SUJ. Penyidikan kasus tersebut sedang ditangani oleh Penyidik Polsek Ciwandan Polres Cilegon Polda Banten.

Pelaku ARM alias Gepeng diamankan saat sedang mengendarai sepeda motor di daerah Lingkungan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Sementara itu, pelaku MR alias Dado diamankan bersama satu unit kendaraan R2 Yamaha warna Hitam dengan nomor polisi A-4117-UN, yang sering digunakan dalam melakukan kejahatan.

Baca juga  Momen Idhul Yatama, Warga Link Warnasari Santuni Ratusan Anak Yatim

“Satgas Gakkumdu Operasi Ketupat Maung 2023 masih mengembangkan kelompok bajing loncat yang beraksi di Jalur Lingkar Selatan Ciwandan, Cilegon. Penyidik masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap kemungkinan adanya pelaku lain yang terlibat dalam aksi tersebut,” tambah AKP Mochmad Nandar.

Kedua pelaku telah diamankan dan akan dijerat sesuai dengan hukum yang berlaku. Polres Cilegon mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap tindakan kriminal seperti bajing loncat yang bisa meresahkan ketertiban dan keamanan masyarakat, terutama selama masa mudik Lebaran. Polres Cilegon juga mengajak masyarakat untuk melaporkan kejadian serupa atau informasi yang dapat membantu penangkapan pelaku kepada pihak kepolisian atau melalui call center 110 Polres Cilegon.

Operasi Ketupat Maung 2023 merupakan operasi yang dilakukan oleh Satgas Gakkumdu dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama periode mudik Lebaran. Selama operasi ini, Polres Cilegon dan Polsek Ciwandan aktif melakukan patroli dan pengawasan di sejumlah titik rawan kejahatan, termasuk Jalur Lingkar Selatan Ciwandan yang sering menjadi lokasi aksi bajing loncat.

Polres Cilegon berkomitmen untuk terus meningkatkan kegiatan operasional dan pengawasan guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya. Masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada, menjaga barang berharga, serta menghindari tindakan yang dapat memicu tindak kriminal. Dengan kerjasama antara masyarakat dan kepolisian, diharapkan kejahatan dapat ditekan dan masyarakat dapat merasa aman selama masa mudik Lebaran maupun sehari-hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini