Warga Cipala Senang, Meski Kemarau Tiba Air Bersih Tetap Berlimpah

9

Cilegon,- Medianews.co.id,- Warga Lingkungan Cipala, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak mengaku senang dan berterimakasih kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Sebab, meski sudah memasuki musim kemarau ketersediaan air bersih masih lebih dari cukup alias berlimpah untuk masyarakat. Hal itu berkat adanya program yang digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terkait jaringan air dari bawah yang dibangun atas kerjasama PT Indonesia Power, PT Krakatau Tirta Industri dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Cilegon Mandiri.

“Pak Wali (Helldy Agustian-red) haturnuhun (Terimakasih-red) sampai saat ini banyu (Air-red) masih lancar. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih masyarakat Kampung Cipala,” kata Sutihat, Warga RT 03/05 Lingkungan Cipala, Keluarahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Rabu 23 Agustus 2023.

Dalam hal ini, Sutihat berharap, kedepan air bersih yang saat ini dapat diambil dipenampungan dapat disalurkan langsung kerumah warga. “Mudah-mudahan kedepannya bisa mengalir kerumah-rumah masyarakat Cipala,” harapnya

Sementara itu, Lurah Lebak Gede Fatoni menjelaskan, sebelum ada program yang diinisiasi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian itu, masyarakat Cipala kerap kali mengalami kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih. “Sebelum ada program ini (Program air bersih-red), terkadang bukan musim kemarau juga sulit air bersih. Alhamdulillah sekarang saat musim kemarau juga ketersediaan air bersih masih sangat cukup,” jelasnya.

Baca juga  Safari Ramadhan, PJ Gubernur Sambangi Kota Cilegon

Menurut Fatoni, program penyediaan air bersih itu sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Cipala yang sebelumnya hanya mengandalkan air sumur yang lokasinya berada disekitar kampung. “Sekarang tidak terdengar lagi ada masyarakat pergi ke sumur malam-malam akibat kekurangan air, tapi kalau siang kabarnya masih ada yang mengambil air ke sumur karena faktor kebiasaan mengingat sudah berpuluh-puluh tahun menggunakan air tersebut. Air yang berada dipenampungan sangat cukup untuk masyarakat Cipala,” tuturnya.

Diterangkan Fatoni, masyarakat Lingkungan Cipala mendapatkan pelayanan penyediaan air bersih mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan debit air yang tersedia sebanyak 20.000 liter perhari. “Di Cipala itu ada 4 RT, jadi mengambil airnya dilakukan sesuai jadwal agar tidak terjadi penumpukkan. Alhamdulillah masyarakat tertib. Kami dan masyarakat sangat senang, terimakasih pak wali (Helldy Agustian-red),” katanya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini