Kelurahan Cikerai Raih Tiga Besar Prestasi Nasional dalam Lomba Desa Pangan Aman 2024

19

Cilegon,- Medianews.co.id,- Kelurahan Cikerai yang berada di Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih posisi terbaik tiga besar di ajang nasional Lomba Desa Pangan Aman yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia. Penghargaan ini akan diserahkan pada Jumat, 21 Juni 2024, di Auditorium Gedung Merah Putih lantai 8, BPOM, Jalan Percetakan Negara No. 23, Johar Baru, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah, Kelurahan Cikerai berhasil meraih juara tiga besar Desa Pangan Aman Tahun 2024 tingkat nasional,” ungkap Lurah Cikerai, Cecep Sukarya, S.Sos, dengan penuh rasa syukur.

Cecep juga menjelaskan bahwa Germas SAPA adalah program yang diinisiasi oleh BPOM RI untuk mendukung terwujudnya keamanan pangan berbasis masyarakat. Program ini mencakup berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif masyarakat, seperti program Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, serta Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman.

“Program ini adalah bentuk intervensi keamanan pangan yang ditujukan kepada komunitas masyarakat, pelaku usaha, dan sekolah, agar mereka bisa menjadi masyarakat yang mandiri dalam hal keamanan pangan,” jelas Cecep.

Rangkaian kegiatan dari program Germas SAPA mencakup penilaian Lomba Desa Pangan Aman yang telah dilaksanakan dari bulan Februari hingga Mei 2024. Penilaian dilakukan oleh tim juri yang berasal dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Pangan Nasional, dan BPOM.

Baca juga  Polda Banten Berhasil Ungkap Motif Pembunuhan Sadis Di Lebak

Cecep berharap bahwa program Germas SAPA dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat sekitar.

“Dengan adanya perlombaan dan penghargaan ini. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi daerah lain untuk terus menggiatkan program-program keamanan pangan di wilayahnya masing-masing, dan untuk para kader agar terus berperan aktif dalam program Germas SAPA,” tambah Cecep.

Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kelurahan Cikerai, tetapi juga menunjukkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan pangan. Program Germas SAPA yang telah berjalan selama ini diharapkan bisa menjadi model yang diadopsi oleh daerah lain untuk meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam hal keamanan pangan.

Kesuksesan Kelurahan Cikerai dalam ajang nasional ini juga menjadi bukti nyata bahwa kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai instansi terkait dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini