Sekda Maman Minta OPD Bantu Pemohon Hibah dari Awal Sampai Bikin Laporan

11

CILEGON,- Medianews.co.id,- Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin, secara resmi membuka acara sosialisasi e-Hibah Bansos bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pengelola Hibah di Aula Setda II Kota Cilegon, Rabu 10 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab terkait hak dan kewajiban pengelola hibah Pemerintah Kota Cilegon.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin menekankan peran OPD sebagai pengelola hibah untuk membantu dan membimbing pemohon dari awal permohonan hingga pelaporan bantuan hibah melalui aplikasi e-Hibah Bansos Mandiri Kota Cilegon.
Lebih lanjut, Maman juga meminta kepada perangkat daerah terkait untuk aktif dalam mensosialisasikan aplikasi e-Hibah kepada masyarakat. “Hibah ini juga sebagai sarana untuk masyarakat serta untuk mengalokasikan anggaran, sehingga dapat menghasilkan kebutuhan-kebutuhan yang real dan nyata di masyarakat,” ujarnya.
Dalam menjalankan mekanismenya, Maman mengungkapkan bahwa pihaknya akan melibatkan tim verifikasi untuk menilai kelayakan penerima hibah, baik berupa barang maupun uang. “Nanti akan ada tim verifikasi yang akan menilai kelayakan dari pemohon hibah, sehingga nanti bantuan akan diberikan berupa barang atau uang,” tambahnya.
Dengan begitu, Maman berharap agar aplikasi e-Hibah dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, ia juga mengingatkan untuk mempergunakan hibah bansos dengan optimal. “Gunakan aplikasi ini secara tepat waktu sehingga tidak menghambat program kerja daerah. Pada awal Mei 2024, kita harus sudah menyusun RPJMD untuk tahun anggaran 2025,” ungkap Maman Mauludin.
Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kota Cilegon, Rahmatullah, menyampaikan harapannya agar sosialisasi ini dapat meminimalisir kesalahan dalam penginputan data. “Semoga sosialisasi ini bisa meminimalisir kesalahan baik dari pemohon ataupun OPD pada saat penginputan data nanti, sebab kita ingin berlaku tertib sesuai administrasi dan aturan,” pungkasnya.
Turut Hadir dalam acara tersebut, Asisten Daerah I Setda Kota Cilegon Tatang Muftadi dan unsur pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini