Tim Dosen PVTE FKIP Untirta Gelar Pelatihan Outseal PLC bagi Guru SMK Kelistrikan se-Kota Serang

13

MediaNews.co.id – Kota Serang. Tim Dosen dari Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro (PVTE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), menggelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Pelatihan Eksplorasi Outseal PLC sebagai Media Pembelajaran Praktikum Alternatif bagi bagi Guru SMK Kelistrikan se-Kota Serang pada Sabtu (01/05) di Gedung Center of Execellence (CoE) SMK Negeri 2 Kota Serang.

Pelatihan ini diikuti oleh guru produktif SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Otomasi Industri, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berasal dari perwakilan SMK Negeri 2 Kota Serang, SMK Negeri 4 Kota Serang, SMK N Pertanian Kota Serang, dan SMK PGRI 1 Kota Serang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antar peserta yang sudah dibatasi jumlahnya sesuai dengan kapasitas ruangan. Meskipun minat dan antusiasme calon peserta sangat tinggi, kegiatan ini dibatasi hanya untuk 12 orang guru terpilih saja.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa kepedulian pada proses pembelajaran praktikum siswa SMK yang terkendala oleh keterbatasan alat praktikum serta masa pandemic Covid19 yang belum berakhir ini, maka tim dosen dari Laboratorium Pendidikan Vokasional Teknik Elektro FKIP Untirta menggelar pelatihan ini.

Kepala Laboratorium PVTE FKIP Untirta, Mustofa Abi Hamid, M.Pd.T sekaligus Ketua tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengungkapkan bahwa Pelatihan Outseal PLC ini diperlukan oleh guru sebagai alternatif media praktikum PLC yang jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan PLC pada umumnya. Sehingga, keterbatasan alat praktikum PLC di sekolah bukan menjadi penghalang dalam proses kegiatan praktikum. Terlebih, di masa pandemic seperti ini, tidak bisa melaksanakan kegiatan praktikum di sekolah maka siswa dapat membelinya secara mandiri atau berkelompok dan mempraktikkan serta mengeksplorasi Outseal PLC ini di rumah masing – masing.

Baca juga  Komisi IV DPR RI, Nuraeni Ajak Masyarakat Cilegon Gemari Makan Ikan

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas/Hubin, H. Edi Mukhlis, S.Pd. Turut hadir Kepala Program Studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Asep Amrulloh, S.T., M.Pd. Dalam sambutannya, Edi Mukhlis berharap hubungan kemitraan dengan pihak PVTE FKIP Untirta dapat terus terbangun dan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga dapat membantu guru-guru SMK dalam meningkatkan kualitas dan profesionalismenya. Apalagi, di masa pandemic seperti saat ini, guru harus kreatif dan inovatif dalam melaksanakan proses pembelajaran daring.

Pelatihan Outseal PLC ini dilaksanakan 2 sesi, yaitu sesi pertama pemaparan materi dan dilanjutkan sesi kedua simulasi dan praktik menggunakan Outseal PLC. Selain itu, guru juga diberikan penugasan untuk mencobanya Kembali dan mengeksplorasi lebih dalam lagi di rumah masing-masing. Kegiatan ini diisi oleh kolaborasi tim dosen PVTE FKIP Untirta dan praktisi dari PT. Dian Swastatika Sentosa (DSS), Drs. Lili Sugeng. Lili mengatakan bahwa di industri, PLC yang digunakan bermacam-macam dan harganya mahal. Untuk keperluan pembelajaran dan praktikum di sekolah, outseal PLC ini sudah bagus karena fitur dan fungsinya sama dengan PLC pada umumnya yang digunakan oleh industri. Kelebihan Outseal PLC ini berharga murah dan open source.

Para peserta pelatihan ini sangat antusias mengikuti kegiatan dengan seksama dan aktif saat sesi simulasi dan praktik menggunakan outseal PLC. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto Bersama.

Kiriman berita:

Mustofa Abi Hamid

Assistant Professor of Technical and Vocational Education and Training (TVET) at the Department of Electrical Engineering Vocational Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here