Untuk Pertama Kalinya, Pejabat Pemkot Cilegon Santuni Ribuan Anak Yatim 

10

Cilegon,- Medianews.co.id,- Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota Cilegon menyalurkan bantuan sosial untuk ribuan anak yatim dari delapan kecamatan, Sabtu 19 Agustus 2023.

Bantuan diberikan di Masjid Nurul Iman dalam kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah. Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Helldy Agustian, Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta, para kepala Organisasi Perangkat Daerah, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, bantuan diberikan kepada 1.280 anak yatim se-Kota Cilegon. Masing-masing anak mendapatkan bingkisan sembako dan juga uang tunai Rp1.200.000 yang dicairkan melalui Bank BJB.

Saat sambutannya, Helldy menyampaikan bahwa ia ingin Pemertintah Kota Cilegon dekat dengan anak yatim. “Ini pertama kali kegiatan bantuan sosial ini dilakukan secara langsung di satu tempat. Kami ingin dikunjungi anak yatim. Kami ingin merasakan kebahagiaan bersama anak yatim di Kota Cilegon sehingga Pemerintah Kota Cilegon menjadi berkah,” ungkap Helldy.

Helldy lantas mengutip sebuah sabda Nabi Muhammad SAW terkait kedudukan orang-orang yang peduli terhadap anak yatim. “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti dua jari, yakni jari tengah dan telunjuk. Itu artinya akan sangat dekat sekali dengan Nabi,” jelasnya.

Helldy juga meminta doanya kepada anak yatim untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Cilegon. “Kami juga sudah mengalokasikan dana kepada anak yatim yang bersekolah di Cilegon apabila tidak mampu membayar SPP akan kami bantu dalam pembiayaan SPP-nya agar anak-anak yatim di Kota Cilegon tetap sekolah,” terangnya.

Kebijakan ini, kata Helldy, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Cilegon kepada anak yatim agar mampu bersekolah sampai dengan perguruan tinggi. “Hal ini juga kami dorong dengan program kami dimana kami akan memberikan beasiswa full sarjana yang salah satu syaratnya juga bisa untuk anak-anak yatim di Cilegon,” sambungnya.

Baca juga  Pembangunan Musholla BTN Doyo Lama Distrik Waibu Butuh Sentuhan Dermawan

Menurut Helldy, Cilegon sebagai Kota Santri ingin agar anak-anak di Cilegon bisa mengenyam pendidikan, termasuk pendidikan agama. “Kami memiliki ghiroh semangat lagi bahwa Cilegon ini Kota Santri. Oleh karena itu kita ingin mendidik masyarakat menjadi islami sehingga bisa membawa nama baik Cilegon,” katanya.

Menutup sambutannya, Helldy berpesan kepada struktur pemerintahan di tingkat kecamatan agar proses pendistribusian bantuan sesuai dengan nama dan alamat yang sudah ditentukan. “Jadi jangan ada anak yatim yang seharusnya berhak mendapatkan ini tidak menerima,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Citangkil Ikhlasun Nufus memastikan bahwa bantuan akan disalurkan sesuai dengan data yang ada. “Saya bersama lurah di Kecamatan Citangkil memastikan bahwa bantuan ini akan tepat sasaran sesuai dengan pesan Pak Wali tadi, dimana data yang diberikan Dinsos akan diberikan,” tuturnya.

Ikhlas juga mengapresiasi jajaran Pemkot Cilegon atas bantuan sosial yang diterima warganya. Dia yakin bantuan yang digagas Wali Kota Helldy Agustian akan bisa membantu masyarakatnya yang membutuhkan. “Semoga Pemerintah Kota Cilegon menjadi berkah,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Warga Citangkil Sulahiyah juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkot Cilegon. “Saya ingin mengucapkan banyak-banyak berterima kasih kepada Pak Wali Kota beserta jajaran yang telah memberikan bantuan kepada anak saya dan juga anak-anak yatim, semoga menjadi berkah buat anak-anak yatim dan Pemerintah Kota Cilegon,” ungkapnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini