Vaksinasi Covid-19 di Cilegon Dilakukan Januari-April; Kelompok Ini Jadi Prioritas

19

Cilegon,- Medianews.co.id,– Sebanyak 1.342 tenaga kesehatan yang bertugas baik di Rumah Sakit, Klinik maupun Puskesmas di kota Cilegon menjadi prioritas mendapatkan vaksinasi COVID-19 Sinovac tahap pertama.

Selain itu Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon juga berencana akan memberikan vaksinasi kepada beberapa unsur yang berkaitan langsung dengan COVID-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Dana Sujaksani mengatakan, keseluruhan sasaran vaksinasi se-Kota Cilegon yang melingkupi seluruh unsur sebanyak 251,426 orang.

Terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 1.342 orang, serta petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri Dishub, Satpol PP yang berkaitan langsung dengan pandemi sebanyak 15.482 orang.

“Pelaksanaannya dilakukan Januari sampai April 2021,” katanya kepada awak media, Selasa 5 Januari 2020.

Dana membeberkan, selain kepada tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik pemkot Cilegon pula akan berikan vaksin COVID-19 Sinovac kepada masyarakat di Kota Baja. Namun untuk pelaksanaannya bakal dilakukan sejak bulan April 2021 hingga bulan Maret 2022.

“Selanjutnya kepada masayarakat yang rentan salah satunya pelaku ekonomi 207,582 orang, ini agak panjang mulai April 2021 sampai dengan Maret 2022 hampir satu tahun dan yang terakhir kepada masyarakat lainnya kurang lebih 27.020.” bebernya.

Baca juga  Wali Kota Fairid Naparin Tinjau Vaksinasi di Kantor PT. Logos

Terkait pendistribusian vaksin COVID-19 Sinovac, Dana mengungkapkan, pihaknya masih menunggu intruksi dari pemerintah Provinsi Banten. Namun ia menegaskan bahwa Pemkot Cilegon telah mempunyai tempat yang dijadikan penyimpanan vaksin COVID-19 Sinovac.

“Terkait pendistribusiannya kami masih menunggu intruksi dari Provinsi kapan kita bisa untuk ambil, yang jelas kami sudah sediakan tempat penyimpanan vaksin lokasinya di Kantor Dinkes lama untuk nanti dijadikan tempat penyimpanan sementara vaksin sebelum di distribusikan ke rumah sakit klinik dan puskesmas.” ungkapnya.

Kembali Dana mengatakan, terdapat 32 fasilitas pelayanan publik yang akan dijadikan tempat penyelengaraan vaksin COVID-19 Sinovac seperti rumah sakit, Klinik dan Puskesmas yeng tersebar di kota Cilegon.

“Ada 32 tempat fasilitas pelayanan kesehatan penyelenggaran vaksin, seperti 3 rumah sakit yakni RSKM, RSUD dan RS Kurnia, 9 puskermas dan 20 klinik dan saat ini petugasnya sedang kita lakukan pelatihan ada sekitar 266 orang perwakilan Puskesmas, RSUD dan klinik,” tandasnya. (Priadz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here